Materi Penyuluhan

MANGGA UNGGUL MANCA NEGARA SUDAH BANYAK DIKEMBANGKAN DI INDONESIA

Kamis, 10 Jun 2021
Sumber Gambar : https://higaragro.com.

Buah mangga termasuk salah satu jenis buah  berdaging yang banyak disukai masyarakat dalam maupun manca Negara. Daging buahnya berwarna kuning, bertesktur lembut, memiliki kandungan air yang banyak, dan beraroma harum. Di dalam buahnya, terdapat biji (pelok) berwarna putih, berbentuk gepeng, dan seperti berkayu. Saat ini di Indonesia terdapat berbagai macam jenis buah mangga, baik unggulan lokal maupun berasal dari  manca Negara. Masyarakat Indonesia membudidayakan mangga asal berbagai Negara, karena mempunyai daya tarik baik penampilan maupun rasa daging buah yang manis. Berikut beberapa jenis mangga yang sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

 

1.     Mangga Apel

Mangga ini beasal dari Singapura dan disebut mangga apel karena bentuknya bulat seperti buah apel. Ada dua jenis mangga apel, yakni hijau dan merah. Mangga apel hijau memiliki rasa asam dan cocok sekali untuk rujak, sedangkan yang merah beraroma sangat harum dan tekstur dagingnya sangat halus, dengan rasa manis.

 

  1. Mangga Malibu

Mangga ini berasal dari Australia, ukuran agak besar, kulit berwarna merah saat matang, dan daging buah bertekstur sangat lembut dengan rasa enak seperti kelapa namun manis. Mangga malibu ini berasal hasil dari persilangan antara mangga irwin dengan kensington pride.

 

  1. Mangga Madu

Mangga madu dari nama aslinya Chokanan berasal dari Thailand, sepintas terlihat sangat mirip dengan mangga arum manis, akan tetapi kulitnya berwarna kuning cerah saat matang, ukuran buah tidak terlalu besar hampir sama dengan mangga manalagi, dan biji (pelok) cukup kecil. Daging buah tebal yang mempunyai rasa sangat manis seperti madu meskipun buah masih mentah. Tekstur daging buahnya juga sangat lembut, tidak berserat, dan memiliki kandungan air yang banyak. Mangga madu ditemukan di banyak negara, seperti India, Thailand, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan.

 

  1. Mangga Mahatir

Mangga ini berasal dari Malaysia yang mempunyai ukuran besar sekali tidak seperti mangga pada umumnya, beratnya bisa mencapai 2,5 – 3 kg/buah. Bentuk buahnya yang bisa dibilang cukup unik dan berbeda dengan jenis mangga pada umumnya, pada bagian ujung buahnya berbentuk seperti paruh burung yang sangat lancip. Daging buah mangga mahatir bertekstur lembut, tanpa serat,  rasanya manis, dan kandungan airnya sangat banyak.

 

5.     Mangga Nam Dok Mai

Mangga Namdokmai golden berasal dari Thailand, hampir sama dengan namdokmai biasa, namun jenis golden mampu berbuah dengan hasil yang lebih banyak, ukuran lebih besar dari mangga lainnya, panjangnya bisa mencapai 17 cm, dan memiliki biji yang sangat tipis. Daging buah tebal, aroma harum yang kuat, rasa sangat manis, berserat sangat halus, mengandung sedikit air, berwarna kuning, dan lunak.

 

  1. Mangga Emperor

Mangga ini varietas unggulan berasal dari Taiwan, namun banyak dibudidayakan oleh para petani di negeri gajah putih, Thailand. Dikatakan unggulan karena buah mangga jenis ini mempunyai penampilan yang sangat menarik perhatian, yaitu kulit buah berwana kuning kehijauan, mangga emperor memiliki kulit buah yang berwarna ungu kehijauan saat masih muda dan akan berubah menjadi merah menyala ketika sudah matang. Ukuran buahnya lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah mangga pada umumnya, berat satu buahnya bisa mencapai 3 kg. Daging buahnya berwarna oranye kekuningan, rasanya sangat manis, dan bertekstur lembut dengan kandungan air yang melimpah. Selain itu, ukuran biji yang ada di dalamnya juga relatif kecil dan pipih.

 

  1. Mangga Irwin

Mangga irwin ini unggulan dari Australia, berbentuk oval dan memiliki ukuran buah yang cukup besar dan bisa mencapai 0,8 kg/buah. Warna kulit buah yang cukup cantik dan unik, yaitu berwarna ungu cerah saat sudah matang. Daging buahnya berwarna orange kekuningan, sedikit berair, bertekstur lembut, dan memililiki rasa yang sangat manis serta sedikit asam. Meskipun sedikit masam, buah mangga irwin akan tetap memanjakan lidah saat dikonsumsi. Hal ini dibuktikan dengan permintaan pasar untuk buah mangga jenis ini cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

 

  1. Mangga Kiojay

Mangga ini termasuk unggulan yang berasal dari Thailand, memiliki ukuran buah yang sangat fantastis dengan berat bisa mencapai sekitar 2 kg, namun bijinya berukuran kecil, sehingga daging buahnya tebal. Disamping itu, daging buah bertekstur sangat lembut, beraroma harum, rasanya sangat manis, dan menyegarkan karena memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.

 

  1. Mangga Yuwen

Mangga ini berasal dari negara Taiwan dan merupakan salah satu mangga unggulan, karena tampilannya yang mempunyai daya tarik khas (eksotik), yaitu kulitnya berwarna merah terang. Selain itu, daging buah yang tebal dengan ukuran biji yang relatif kecil dan tipis, rasanya sangat manis, kenyal, dan bertekstur lembut dengan kandungan air yang cukup banyak. 

 

Dari uraian diatas, tersaji 9 (sembilan) jenis mangga berasal dari manca Negara yang banyak dikembangkan di Indonesia karena jenis unggul dan mempunyai daya tarik secara fisik/penampilan dan rasanya yang manis. Selanjutkan Anda dapat memilih jenis mangga yang disukai dan dibudidayakan di kebun atau pekarangan. Benihnya dapat dicari dalam Webside, selamat mencoba - semoga sukses.

 

Penulis: Susilo Astuti Handayani

(Penyuluh Pertanian – Pusluhtan)

 

Daftar Pustaka:

  1. 2012. Budidaya Tanaman Mangga. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropikal, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Solok-Sumatera Barat.
  2. 2009. Buku Pintar Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jagakarsa – Jakarta Selatan: PT Agromedia Pustaka.
  3. Reza-Iqbal. Jenis Mangga Paling Enak. https://www.idntimes.com/food/dining-guide.
  4. Jenis Mangga Paling Manis di Indonesia.https://www.njajan.com/2019/11/ html.
  5. Jenis Buah Mangga Unggulan Terlezat dan Terpopuler di Indonesia. https://higaragro.com.
PENGUNJUNG

1813

HARI INI

64232

KEMARIN

37669689

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook