Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN ENREKANG >

Beras Ketan Pulut Mandoti Sewangi Pandan Dan Termahal Di Indonesia

Selasa, 01 Jun 2021
Sumber Gambar : Dok. Amiruddin

Pulu Mandoti adalah salah satu jenis beras lokal, berupa ketan wangi, yang langka. Pulut mandoti adalah pulut yang rasanya pulen. gurih dan wangi. Beras ini hanya di jumpai di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan Beras pulu mandoti ini tumbuh di wilayah pegunungan dengan ketinggian sekira (700 – 1.000) Mdpl. Desa Salukanan,  Desa Kendenan dan  Desa Pepandungan Kecamatan Baraka, berada sekitar 60 kilometer dari Kota Enrekang, Ibukota Kabupaten Enrekang. Pulu mandoti memiliki aroma yang wangi dan tekstur nasi yang pulen tersebut karena tumbuh di tempat yang unsur hara sangat spesifik dan tinggi, sehingga memberi nilai tambah tersendiri. Masyarakat Enrekang mengolah jenis beras tersebut menjadi berbagai kuliner yang enak disantap yang dikenal dengan kuliner khas Enrekang. Pulu mandoti sebagai jenis beras lokal Enrekang memiliki kualitas terbaik, harganya pun mahal di pasaran mencapai Rp. 70.000 per liter.

Beras Ketan Mandoti yang ditanam dilereng2 gunung ini hanya bisa tumbuh dengan baik dan memiliki rasa dan aroma yang sangat harum di Desa Salukanan, Kendenan dan Pepandungan. tempat lain di Enrekang pun tidak bisa memiliki rasa dan aroma yang sama. Beras ini dipanen diumur 6 bulan, jadi memiliki umur yang sangat panjang sehingga tidak mengherankan jika beras ini merupakan beras yang sangat langka, dan paling mahal se indonesia.

Beras ketan  Mandoti memiliki tekstur yang lengket dengan cita rasa khas dan harum. Jenis beras ini akan dijual lebih mahal dari biasanya. Warnanya seperti beras merah dan wanginya menyerupai pandan sehingga siapapun pasti tergiur untuk mencobanya. Bahkan satu liter beras Mandoti dapat mengharumkan 40 liter beras biasa. Saking wanginya, biasanya para pembeli akan mencampurkannya dengan beras biasa.

Keunggulan

Pulu mandoti mempunyai keunggulan yaitu tidak mudah rusak dibanding dengan bahan pangan lainnya dan merupakan sumber pangan bergizi sehingga dapat menunjang program diversifikasi pangan. Padi merupakan salah satu komuditas yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi karena mampu memberikan pendapatan yang tinggi bagi petani yang mempunyai prospek yang baik dalam pemasaran baik lokal maupun ekspor. Salah satu beras yang mahal yang ada di Indonesia yaitu beras pulu mandoti. Beras ketan pulu mandoti yang lebih khas disebut beras beraroma pulu mandoti merupakan varietas padi lokal yang berniai ekonomi tinggi, beras ini hanya dapat tumbuh dengan kualitas baik di dua desa yaitu Salukanan dan Kendenan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang dengan ketinggian 700-1.000 mdpl dan kemiringan 60 derajat.

 Penulis    : Amiruddin, SP., M.Agr.

Verf.       : -

PENGUNJUNG

49042

HARI INI

55732

KEMARIN

40807507

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook