Diseminasi Teknologi

MENGENAL SAYUR KALE, SI HIJAU YANG PENUH MANFAAT

Senin, 31 Mei 2021
Sumber Gambar : https://nougatworld.com/.

Pendahuluan

       Sudahkah anda mengenal kale? Sebagian besar masyarakat mungkin belum mengenal kale karena sayuran ini berasal dari Eropa yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, kailan, dan sawi. Kale sejenis sayuran hijau, yang semakin diminati masyarakat karena memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh, sehingga dijuluki “superfood atau queen of vegetable”. Hal ini disebabkan sayuran kale jika dibandingkan dengan bayam yang kaya nutrisi, kale masih memimpin. Di dalam kale terkandung kalsium dan protein yang lebih tinggi dari bayam. Satu porsi kale memiliki lebih dari empat kali lipat jumlah vitamin C dan lebih banyak vitamin A daripada bayam dengan porsi yang sama. Sayur kale mengandung banyak serat, sumber antioksidan, kalsium, vitamin C dan K, zat besi dan berbagai nutrisi lainnya yang membantu mencegah banyak penyakit. Vitamin yang terdapat pada kale sangat banyak seperti vitamin A, C, D, E, B6, K dan juga thiamin, riboflavin, niasin, asam folat, dan kolin. Mineral seperti magnesium, fosfor, potassium, mangan, zat besi, garam seperti Na, K, dan Zn. Kale banyak ditanam di dataran tinggi, tapi didataran rendah juga bisa ditanam dengan cara hidroponik

Jenis-jenis Sayuran Kale

Kale Nero. Kale nero memiliki daun yang berwarna hijau dan berbentuk pedang (bentuk memanjang) serta kaku.  Tepi daun bergelombang, dan tebal. Permukaan daun mengkilat.

Kale Curly. Kale jenis ini memiliki ciri daun mirip selada keriting. Lekukan tepi daun sangat banyak hingga menyerupai gerigi. Warna daun dan tulang daun hijau. Daunnya pun lebih empuk, tipis daripada kale Nero.  Permukaan daun mengkilat.

Kale Siberian. Kale ini memiliki warna hijau terang dan memiliki sedikit rasa manis. Lebih empuk dari kale Nero dan cocok sebagai salad.

Kale Red Russian. Kale red russian memiliki batang dan tulang daun berwarna ungu, daunnya hijau dengan sedikit warna ungu, tepi daun bergelombang. Permukaan daun tidak mengkilat. Tekstur daunnya lebih empuk dari Kale Nero, cocok sebagai salad.

Kale Scarlet. Kale scarlet mirip dengan kale curly. Yang membedakan hanya warnanya saja. Kale scarlet didominasi oleh warna ungu mulai batang hingga daunnya. Permukaan daun mengkilat. Biasanya dipakai untuk garnish makanan juga karena warnanya yang unik.

Kale Chinese (Kailan). Kalau ini, semua orang pasti mudah mengenalinya. Kale jenis Ini mudah didapatkan di supermarket atau restoran masakan chinese. Disebut kailan atau gailan. Enak direbus lalu ditambahkan bumbu saos tiram dan bawang putih goreng di atasnya.

Manfaat Sayuran Kale

     Keluarga sayuran ini dapat meningkatkan kesehatan sistim pencernaan kita, menyeimbangkan tekanan darah, melindungi terhadap resiko kanker dan diabetes tipe 2 karena membantu mengeluarkan toksin dari liver. Kale bisa dikonsumsi sebagai campuran sayur pada salad, smoothies. Untuk yang sedang diet, jus sayuran kale ini sangat sangat ampuh.

1. Mengandung banyak antioksidan

    Kale menandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikalbebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat radikal          bebas.  Sayur kale mengandung flavonoid bernama quercetin dan kaempferol.

2. Membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung

    Karena flavonoid quercetin dan kaempferol pada kale jumlahnya besar, maka sayur ini mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung.

3. Sumber Vitamin C yang Luar Biasa

    Kale memiliki jumlah vitamin C yang lebih banyak dibandingkan sayuran lainnya, bahkan 4.5 kali lebih banyak dari sayur bayam dan sebuah jeruk.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

    Kale mengandung bahan yang dapat menekan angka kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.  Sebuah studi membuktikan dengan minum jus sayuran kale setiap hari selama  12 minggu, HDL akan naik sebanyak 27% dan LDL menurun sebanyak 10% dan juga meningkatkan kemampuan antioksidannya.

5. Sumber Vitamin K

    Vitamin K dapat membantu pembekuan darah. Vitamin K yang terdapat pada sayuran kale adalah vitamin K1. Pada secangkir kale saja terdapat vitamin K sebanyak 7x dari jumlah yang seharusnya dikonsumsi per hari.

6. Anti Kanker

    Kale memiliki banyak komponen yang dapat melindungi tubuh kita dari kanker. Salah satunya adalah sulforaphane yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan indole-3-carbinol yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. (6)

7. Kale Mengandung Beta Karoten Yang Tinggi

    Beta karoten adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh kita yang dapat menjadi vitamin A.

8. Kale juga merupakan sumber mineral yang lengkap

     Kale mengandung magnesium yang dapat melindungi tubuh kita dari penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, potassium yang melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung.

9. Kale mengandung Lutein dan Zeaxanthin yang sangat berguna untuk kesehatan mata

    Dengan kedua antioksidan ini, resiko katarak dan degenerasi macular dapat diturunkan.

10. Kale Membantu Dalam Diet

    Kale sangat rendah kalorinya, makan sedikit saja sudah membuat kita kenyang. Dengan kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, kale dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Efek Samping Sayur Kale

    Meski memiliki segudang manfaat, sayuran kale juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan apalagi jika dikonsumsi mentah.  Dibandingkan dengan daun kale yang dimasak hingga matang, kale mentah lebih berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan jika mengkonsumsi kale mentah dapat mengakibatkan ganggunan pencernaan dan perut kembung, memicu penyakit gondok karena kale mentah mengandung tiosianat yang dalam jumlah besar mengganggu penyerapan yodium oleh tubuh. Selain itu mengkonsumsi kale mentah dapat memicu timbulnya batu ginjal karena daun kale mengandung oksalat tinggi yang apabila bergabung dengan kalsium merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

       Agar diperoleh segudang manfaat sayuran kale, maka jangan mengkonsumsi kale mentah tapi konsumsilah kale yang sudah dimasak / matang dan tidak berlebihan.

 

Sumber :

Anonim, 2019. Ternyata, Konsumsi Kale Mentah Bisa Mengganggu Kesehatan ini. https://www.emc.id/id/care-plus-ternayta-konsumsi-kale-mentah-bisa-menimbulkan-ganggauan-kesehatan-ini. Diakses tanggal 25 Mei 2021

Anonim, 2020.  Sayur Kale : Penjelasan Lengkap, Jenis, Manfaat dan Cara Konsumsi. https://nougatworld.com/sayu-kale-penjelasan-lengkap-jenis-manfaat-cara-konsumsi/. Diakses tanggal 25 Mei 2021

Anonim, 2021. Mengenal kale, Si Ratu Sayuran. http://tabloidsinartani.com/details/indeks/horti/15642-Mengenal-Kale-Si Ratu Sayuran. Diakses tanggal 25 Mei 2021

 

Penyusun : Ir. Sari Nurita (Penyuluh  Pertanian BPTP Kalbar)

 

 

 

PENGUNJUNG

51760

HARI INI

55732

KEMARIN

40810225

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook