Gerbang Daerah
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN ENREKANG >

Sosialisasi Input Data Rdkk Pupuk Bersubsidi 2022 Melalui Erdkk

Kamis, 27 Mei 2021
Sumber Gambar : Dok. Amiruddin

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan menggelar acara sosialisasi Penginputan Data e-RDKK kamis 27 mei 2021. sosialisasi ini dilakukan untuk masa persiapan alokasi dan distribusi pupuk subsidi tahun 2022, Acara yang diselenggarakan di BPP Cendana itu diikuti jajaran Dinas TPH-BUN Kabupaten Enrekang, Camat Cendana, distributor, pengecer , kepala desa sekecamatan cendana dan penyuluh. 

Dalam sambutannya Kepala dinas TPH-BUN yang diwakili dari kelompok Jabatan Fungsional Kabupaten mengatakan Sosialisasi ini dimaksudkan agar alokasi pupuk subsidi untuk petani sesuai kebutuhan yang diperlukan, dengan begitu produktivitas pertanian tak terganggu lantaran kuota pupuk subsidi. Pada tahun-tahun sebelumnya, selalu ada saja keluhan data pengajuan pupuk subsidi tak terinput dalam e-RDKK. kita tak ingin untuk alokasi pupuk subsidi tahun depan terjadi lagi. Kita samakan persepsi setiap tahapan mulai dari perencanaan, penyaluran, distribusi, monitoring, verifikasi, validasi dan lainnya.

Kepala dinas TPH-BUN mengatakan, pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang telah bergabung dalam kelompok tani yang menyusun Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). Salah satu kunci program pupuk bersubsidi bisa tepat sasaran adalah data di elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang akurat dan tersedia. Oleh karena itu, kelompok tani memiliki peran penting agar data e-RDKK benar-benar valid, sosialisasi diperlukan untuk menghindari terjadinya keterlambatan distribusi jenis pupuk yang dimohonkan. Mohon diperhatikan betul sosialisasi ini supaya tidak ada kekeliruan dan kesalahan.  sosialisasi eRDKK tak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian belaka, tetapi juga bagian dari akuntabilitas. Mencermati sistim input data dimulai dari tingkat Desa lanjut ke Kecamatan kemudian di Kecamatan data kebutuhan pupuk itu dimasukkan ke dalam mesin dan divalidasi dengan nomor induk kependudukan yang kita dapat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Menurut Koordinator BPP Cendana, Muh. Yusuf, SP. Pemanfaatan usulan dari RDKK ini diperbaiki agar validasi atau presisi data penerima pupuk subisidi ini bisa dipercaya, Di antaranya adalah petani harus tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam sistem eRDKK, menunjukkan KTP, mengisi form penebusan dan memiliki luas lahan dua hektar per musim tanam. Ia menjelaskan, penyusunan e-RDKK pupuk subsidi tahun 2022 dilakukan selama tiga bulan tepatnya mulai Juni-September. Karena oktober penetapan alokasi pupuk subsidi masing-masing provinsi.

Camat Cendana Baharuddin, dalam sambutannya mengharapkan pengelolaan pupuk bersubsidi menjadi perhatian seluruh pihak terkait, terlebih di era digital 4.0 dimana transparansi publik dan pertanggungjawaban sosial selalu menjadi sorotan berbagai pihak. Intinya adalah penyuluh bersama-sama dengan kelompok tani dari bawah menyusun e-RDKK kebutuhan pupuk subsidi ini yang dilanjutkan ke Dinas TPH-BUN Kabupaten Kota terus ke Provinsi kemudian baru ke Kementan, selanjutnya para kepala desa diharapkan bantuannya terkait untuk mensukseskan program pupuk subsidi tegasnya.

Distributor, mengatakan bahwa dalam upaya perbaikan tata Kelola pupuk bersubsidi, yang menjadi tanggungjawab pihaknya, akan menjadi perhatian serius terutama ketersediaan pupuk dan peran pengecer yang ada di setiap kecamatan.

Penyampaian terakhir kadis TPH-BUN yang diwakili Kelompok Jabatan Fungsional (KJF), Kedepannya kita berharap tidak ada lagi pupuk yang salah sasaran, tidak ada lagi kekurangan, karena database penerimanya sudah berbasis NIK, by name by address,  integrasi Simluhtan dan e-RDKK berbasis NIK merupakan kolaborasi pihak-pihak terkait di Kementan, khususnya BPPSDMP melalui Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) dengan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) dan  Pusat Data dan Informasi Peranian (Pusdatin).

Penulis   : Amiruddin, SP,. M.Agr.

Verf.       : -

 

 

 

 

PENGUNJUNG

24993

HARI INI

89943

KEMARIN

35573459

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook