Diseminasi Teknologi

TANAMAN TURI (Sesbania grandiflora) PAKAN TERNAK BERGIZI TINGGI

Kamis, 20 Mei 2021
Sumber Gambar :

 

TANAMAN TURI (Sesbania grandiflora) PAKAN TERNAK BERGIZI TINGGI

 

 

PENDAHULUAN

          Turi merupakan tanaman legume pohon yang tumbuh denga baik mulai datarn rendah samapi dataran tinggi dan berbagai jenis tanah. Tanaman turi tingginya mencapai 8 – 10 m. Mulai berbunga pada umur 7 bulan dan berbunga sepanjang tahun. Dengan pemeliharaan dan pemangkasan yang baik tanaman turi dapat bertahan hidup 3 – 4 tahun. Pohon turi tumbuh di pekarangan, kebun dan sawah, baik yang memiliki tanah subur, tanah asam maupun tanah berair. Akan tetapi, tanaman turi ini tidak baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl.

PERSEMAIAN TURI

          Turi memperbanyak diri dengan biji. Tanaman turi yang tumbuh bagus, tegak dan sehat umunya dapat menghasilkan biji yang baik ubtuk bibit. Turi brbunga sepanjang tahun dan berbunga pertama muncul pada awal musim hujan, tidak semua berbunga yang berhasil melakukan penyerbukan akan muncul buah berbentuk kacang polong berwarna hijau pada bagian tengah bunga dan kacang polong akan terus berkembang sampai mencapai ukuran tertentu. Setelah mencapi ukuran tertentu kacang polong akan berubah warna menjadi kecoklatan. Polong yang sudah berwarna kecoklatan segera dipanen sebelum pecah. Biji yang dipanen kemudian diseleksi dengan memilih biji yang gemuk, bulat dan berwarna hijau pupus atau coklat.

          Biji terpilih sebelum disemaikan direndam dengan air dingin selama lebih kurang 24 jam atau air panas 70oC selama 10-15 menit, untuk memisahkan benih dari biji yang kosong. Biji yang tenggelam merupakan benih yang baik untuk disemaikan.

          Tahap berikutnya memepersiapkan media tanam dengan menggunakan polybag atau palstik wayang. Polybag diisi dengan tanah, pasir dan kompos (1:1:3) sebanyak ¾ bagian. Setelah media tanam siap selanjutnya benih turi terpilih dimasukkan ke dalam lubang yang di buat sedalam 1-2 cm, kemudian ditutup dengan tanah.

          Pada persemaian ini biji sangat membutuhkan air untuk proses berkecambah sehingga perlau penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari terlebih apabila musim kemarau agar proses berkemcambah bisa lebih cepat. Selain itu perlu perawtan yang lain seperti penyiangan rumput an pemupukan. Pemupikan dilakukan bila warna dau  terlihat memudar. Aplikasi pemupukan dapat dilakukan bersama penyiraman dengan dosis 100 gram pupuk NPK dilarutkan kedalam 10 liter air.

 PENANAMAN TURI

          Setelah berumur 2 minggu ketinggian tanaman mencapai 10-15 cm. pada ketinggian tanaman sudah mencapai >30 cm atau tanaman sudah berumur >40 hari pemindahan tanaman dapat kita lakukan. Pemindahan tanaman dapat dilakukan dengan cara menekan media polybag kemudian media polybag kita balik untuk mengeluarkan tanaman dari media polybag.

          Penanaman turi diareal persawahan dapat dilakukan dengan cara membuat lubang pada pematang sawah kemudian anakan turi dimasukkan kelubang tersebut selanjutnya lubang ditutup dengan tanah yang berasal dari dalam petakan sawah untuk memepertahankan kelembabpan tanah. Turi dapat ditanam di pematang sawah dengan jarak tanam 1-2 m. penanamna turi di sawah tidak mempengaruhi perkembangan padi justru meningkatkan produksi karena daun yang berguguran akan menjadi pupuk untuk tanaan padi karena daun turi mengandung protein yang tinggi.

PEMANFAATAN TANAMAN TURI

          Turi merupakan tanaman legume pohon yang banyka digunakan sebagai sumber pakan sumber protein karena mempunyai kandungan protein kasar yang tinggi (25%-30%). Pemberian turi sebagai pakan tambahan pada ternak yang diberi pakan dasar berkualitas rendah dapat meningkatkan konsumsi pakan dasar. Turi sangat baik diberikan pada induk bunting tua sampai menyusi. Pemberian turi sebanyak 0,5 % dari berat badan atas dasar untuk induk seberat lebih kurang 400 kg dapat memepercepat birahi kembali setelah beranak dan meningkatkan pertumbuhan pedet sebagai akibat meningkatnya produksi susu induk.

PANEN DAUN TURI

          Tanaman turi kurang tahan terhadap pemangkasan berat tetuama pada usia muda.Pemotongan cabang bawah yang ertama sekali dapat dilakukan pada umur 4 bulan atau ketika tanaman sudah mencapai tinggi 1,5 m. Cara pemangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan sabit atau membuat gantolan panjang. Pemangkasan secra rutin dapat dilakukan setelah tanaman >6 bulan. Pemngkasan dapat dilakukan setiap 90 hari sekalai dengan memotong percabangan samping sehigga batang utama dapat terus bertumbuh. Setelah pohon mencapai tinggi sekiatr 3 meter atau lebih, pohon utama kemudian dipotong setinggi 1,5 m. pemangkasan rutin setiap 90 hari sekali dapay terus dilakukan sampai tanaman berumur 3 -4 tahun.

KEGUNAAN LAIN

          Selain itu tanaman turi dapat digunakan sebagai pupuk hijau, ditanam sebagai tanaman tumpangsari bersama jagung, kacang-kacangan, kapas merica sebagai tanaman pelindung bagi kopi dan kunyit.

 

Penyusun : Dede Rohayana(BPTP Lampung)

Sumber :  Berbagai sumber

 

 

PENGUNJUNG

54105

HARI INI

73870

KEMARIN

50759737

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook