Materi Penyuluhan

MENYUSUN PAKAN LENGKAP SAPI POTONG BERBASIS SNI

Senin, 19 Apr 2021
Sumber Gambar : https://www.peternakankita.com/

Teknologi pakan lengkap merupakan salah satu metoda/teknik pembuatan pakan yang digunakan untuk meningkatkan pemanfaatan bahan baku pakan baik dari limbah pertanian/ perkebunan dan limbah agroindustri melalui proses pengolahan dengan perlakuan fisik dan suplementasi untuk produksi pakan ternak ruminansia. Proses pengolahannya meliputi pemotongan untuk merubah ukuran partikel kemudian pencampuran antara bahan serat dan konsentrat yang berupa padatan maupun cairan, serta pengemasan.

Sebelum menyusun pakan lengkap kita perlu mengetahui klasifikasi bahanbahan yang kita susun apakah termasuk sumber energi, protein, ataupun mineral. Bahan pakan dikelompokkan dalam 8 kelas berdasarkan karakteristik fisik dan kimianya yaitu : 1). Hijauan kering dan jerami (Dry forages danRoughages) Semua jenis hijauan dan jerami yang dipotong dan dikeringkan, kelas ini mengandung serat kasar lebih dari 10 % ataukandungan dinding sel lebih dari 35%. Contoh: jeramikacangtanah,jerami padi, dll; 2). Hijauan yang diberikan segar (pasture) Semua jenis hijauan yangdiberikan dalam bentuk segar baik dipotong maupun tidak. Contoh: Rumput gajah, Rumput raja, dll; 3). Silase. Kelompok ini terbatas hanya pada silase hijauan (rumput, legume dsb) tidak termasuk silase ikan, biji bijian,akar2an,umbi. Contoh : Silase tebon jagung, silase isi rumen sapi, dll: 4). Sumber Energi. Bahan pakan yang mengandung protein kasar kurang dari 20 % dan serat kasar kurang dari 18 % atau kandungan dinding selnya kurang dari 35 %. Contoh : jagung, gandum, onggok, dll; 5). Sumber protein. Terdiri dari bahan yang mengandung protein kasar lebih dari 20 %, bahan ini dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan. Contoh : Tepung ikan, tepung kedelai, dll; 6). Sumber mineral Berbagai pakan yang tinggi kadar mineralnya,dan yang dapat digunakan sebagai sumber mineral makro maupun sumber mineral mikro.Contoh : Tepung tulang, batu gamping, dll; 7). Sumber Vitamin Berbagai bahan yang tinggi kadar vitaminnya, baik yang hanya mengandung satu macam vitamin atau lebih. Contoh : Vitamin A dan E pada biji jagung kuning; 8). Additives. Berbagai bahan yang ditambahkan ke dalam pakan dalam jumlah sedikit dengan tujuan tertentu. Contoh : antibiotik, bahan pewarna, pengharum dan obat-obatan.

Salah satu metode perhitungan menyusun konsentrat adalah dengan menggunakan program excel. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut : 1). Buka sheet “HIT INGRED”; 2). Masukkan Persyaratan mutu konsentrat sapi potong berdasarkan bahan kering SNI 3148.2:2017 (dalam hal ini kita masukkan SNI untuk sapi potong penggemukan); 3). Memilih bahan pakan yang akan kita susun pada tabel komposisi bahan pakan; 4). Masukkan angka sesuai bahan pakan yang dipilih.

Pencampuran pakan lengkap dapat dilakukan dengan menggunakan mesin mixer horizontal maupun dengan manual. Langkah-langkah yang dilakukan adalah: 1). Pemotongan/pencacahan untuk memperkecil ukuran partikel pada hijauan atau sumber serat; 2). Penimbangan bahan baku konsentrat sesuai perbandingan formula; 3). Bahan ditumpuk merata (adonan) paling bawah komposisi terbanyak, makin keatas makin sedikit; 4). Pencampuran bahan sampai merata; 5). Pengemasan dengan drum ataupun plastik.

Pakan lengkap ini bisa langsung diberikan ke ternak ataupun disimpan. Prinsip penyimpanannya adalah dengan kondisi anaerob. Diperam dengan waktu minimal 21 hari.

Pakan lengkap merupakan pakan campuran yang terdiri dari bahan-bahan baku yang didalamnya terdiri dari bahan bakusumber serat, sumber energy, sumber protein, dan sumber mineral. Pakan lengkap ini dapat dibuat dari bahan bahan limbah pertanian & perkebunan sebagai sumber seratnya seperti jerami kedelai, jerami jagung, pucuk tebu dll. Ditambah limbah agroindustri sebagai sumber energi yaitu pollard, dedak padi, tetes, onggok, dll. Bahan bahan sumber protein seperti bungkil kopra, bungkil sawit, kulit kopi, kulit coklat dan dilengkapi bahan sumber mineral seperti garam dapur, zeolit, tepung tulang mineral dll.

Pakan lengkap merupakan salah satu alternatif pemberian pakan yang dapat diberikan untuk mengantisipasi keadaan baik musim hujan maupun kemarau. Pakan lengkap sapi potong penggemukan disusun berdasarkan standar SNI konsentrat sapi potong penggemukan. Dengan diberikan pakan lengkap diharapkan ketersediaan pakan selalu kontinyu. (Suwarna_Penyuluh Pertanian Pusat)

Sumber :

 

  1. PELATIHAN ON CLOUD elearningpuslatan.com
  2. https://www.peternakankita.com/
PENGUNJUNG

3322

HARI INI

64232

KEMARIN

37671198

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook