Materi Lokalita
JAWA TIMUR > KABUPATEN BONDOWOSO >

ESTIMASI SEBELUM PANEN

Rabu, 07 Apr 2021
Sumber Gambar : DOKUMENTASI PRIBADI

ESTIMASI SEBELUM PANEN

 

       Ubinan adalah luasan pada pertanaman, yang umumnya berbentuk empat persegi panjang atau bujur sangkar (untuk mempermudah perhitungan luas), yang dipilih untuk mewakili suatu hamparan pertanaman yang akan diduga produktivitasnya (hasil tanaman per hektar tanpa pematang) dengan cara menimbang hasil (kg/ubinan) dikali 10.000 m2 dan dibagi dengan luas ubinan (m2). Ubinan yang benar adalah apabila diperluas ke kanan-kiri atau ke depan-belakang (pada pertanaman dengan jarak tanam beraturan), maka jumlah rumpun tanaman (populasi) merupakan kelipatan dari jumlah rumpun dalam ubinan semula.

      Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 Ha.

        Pada tanggal  (07/04/2021) Penyuluh, BPS, BPP Gunung anyar dan Kelompok Tani Sari Bumi 2 melakukan kegiatan ubinan di Desa Cindogo Ada 5 titik sampel yang akan dilakukan ubinan. Cara penentuan titik ubinan dilakukan melalui bantuan citra satelit. Peramalan luas panen dihitung dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA). KSA menggabungkan peta luas baku lahan sawah yang diperoleh dari teknologi penginderaan jarak jauh (citra satelit) sebagai kerangka pengambilan sampel dan pemanfaatan android untuk observasi lapangan.

            Dari hasil ubinan didapatkan hasil 5,6 kg, jika dikonversikan dalam 1 Ha dikalikan 1600 didapatkan hasil 8,9 ton/Ha produksinya. Hasil yang cukup memuaskan karena diimbangi dengan menggunakan pupuk organik serta melakukan pengendalian hama secara terpadu. Tujuan dari penggunakan pupuk organik adalah menambah unsur hara didalam tanah dan menekan pemupukan kimiawi serta menjaga pH tanah agar seimbang. 

 

PENYULUH PERTANIAN WKPP CINDOGO

KUSMIATI, S.P

NIP. 19880317 201706 2 001

PENGUNJUNG

58222

HARI INI

81057

KEMARIN

26264919

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook