Gerbang Nasional

Kalimantan Selatan Siap Wujudkan Big data Pertanian Melalui Aplikasi Simluhtan

Jum'at, 12 Mar 2021
Sumber Gambar : swadayaonline.com

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (SIMLUHTAN) digunakan sebagai dasar untuk mewujudkan Big Data Pertanian, yang salah satu fungsinya akan mempermudah dan meningkatkan efektifitas program program kementerian agar tepat sasaran. 

SIMLUHTAN  berisikan data Kelembagaan Penyuluhan, Ketenagaan Penyuluhan dan Kelembagaan Petani. Diharapkan database SIMLUHTAN ini dapat menjadi dasar merealisasikan program Kementerian Pertanian.  

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) sangat optimistis untuk keakuratan data SIMLUHTAN, apalagi setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi Simluhtan sebagai acuan pola pendistribusian pupuk bersubsidi oleh Kementan kepada petani seluruh Indonesia. 

"Kita songsong masa depan pertanian nasional maju, mandiri dan modern melalui SIMLUHTAN", ujar SYL.
Kepala Badan PPSDMP, Dedi Nursyamsi menegaskan kembali bahwa “SIMLUHTAN merupakan acuan penetapan target dan alokasi program pertanian dan menghitung penyediaan pangan nasional, juga menjadi dasar audit semua sistem yang memberikan bantuan sarana dan prasarana sektor pertanian”.

Dedi meminta agar penyuluh rutin mengunggah data petani ke SIMLUHTAN yang kini dilengkapi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai acuan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK).  

“Data ini akan menjadi acuan Kementerian Pertanian dalam mengukur secara tepat jumlah petani dan alokasi pupuk bersubsidi pada tiap kelompok tani”, ujar Dedi

Untuk mendukung itu, telah dilaksanakan kegiatan “Diseminasi Informasi Teknis Sosial, Ekonomi, dan Inovasi pertanian tahun 2021” pada 9-10 Maret 2021 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura beserta jajarannya, Perwakilan dari Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru BPTP Provinsi Kalimantan Selatan, Penyuluh Pertanian, Petugas Admin Simluhtan Kabupaten, dan Petugas Admin Simluhtan BPP Berprestasi.

Merry Nancylia, selaku narasumber dari Pusat Penyuluhan Pertanian mengatakan bahwa Penyuluh dan petugas admin di kabupaten/BPP harus bersinergi untuk melakukan verifikasi dan validasi terkait keakuratan data dilapangan dan rutin melakukan updating data pada aplikasi SIMLUHTAN. 

“Data SIMLUHTAN merupakan bagian Satu Data Pembangunan Pertanian yang didukung oleh pemantauan terintegrasi dan koordinasi online dari Agriculture War Room (AWR) Kementan dengan BPP KostraTani di seluruh Indonesia, sebagai pengendali lalu lintas data dan perkembangan terkini sektor pertanian di tiap daerah” ujar Merry. 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian reward kepada Petugas Simluhtan Balai Penyuluhan Pertanian oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan. Ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada petugas lainnya termotivasi sehingga satu data pertanian di Kostatani dapat tercapai. SY/ HVY/NF

sumber berita : sawayaonline.com

PENGUNJUNG

59365

HARI INI

81057

KEMARIN

26266062

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook