Gerbang Daerah
KALIMANTAN SELATAN > KOTA BANJAR BARU > LIANG ANGGANG

Antusiasnya Petani Mendapatkan Bantuan Benih Unggul Dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Selasa, 23 Feb 2021
Sumber Gambar : Koleksi pribadi

Tahun 2021 merupakan tahun yang berat bagi petani di Liang Angang, curah hujan yang tinggi menyebabkan lahan-lahan persawahan mengalami kebanjiran. Jenis lahan tadah hujan, menyebabkan kelebihan air dan tidak bisa tertampung. Ada 4 Kelurahan yang mengalami hal ini, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Landasan Ulin Selatan, Landasan Ulin Barat dan Landasan Ulin Tengah. 

Landasan Ulin Tengah dan Landasan Ulin Selatan dominan tanaman padi lokal. Tiap Tahun, tahapan penamaman padi lokal dimulai bulan Januari, bertepatan dengan bulan semaian, kebanjiran melanda lahan-lahan persawahan. Kematian bibit padi hampir merata, berdasar laporan Petugas POPT, Bahriman SP, total kiloan benih yang puso saat dipersemaian adalah 840 Kg dengan perkiraan luas tanam 84 Ha. Landasan Ulin Utara dominan tanaman hortikultura, yang terdampak banjar 78 Ha, Puso 69,5 Ha. komoditas sayuran, banyak mengalami kerugian dan berdampak terhadap stok sayuran yang menurun, harga pun menjadi naik drastis. 

Dengan kondisi ini, musim tanam padi lokal terancam gagal tanam, sampai tulisan di muat, kondisi lahan persawahan masih terendam dan tidak memungkinkan untuk ditanami.

Peran Pemerintah sangat dibutuhkan, dengan keseriusan dan tekad untuk meringankan beban petani. Pemerintah Provinsi Kalimantasn Selatan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura memberikan bantuan benih padi unggul varietas mekongga sebanyak 625 Kg untuk Luas tanam 25 Ha. 

Pelaksanaan penyerahan bantuan dihadiri dan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, para petani yang terdampak, dan Penyuluh setempat.  UPT BPP Liang Anggang sebagai tempat pelaksanaan, Ibu Nora Syahrini S.Pi berharap bantuan ini dapat meringankan beban petani dan ditanam sesuai dengan keadaan wilayah masing-masing. 

 

PENGUNJUNG

21970

HARI INI

71776

KEMARIN

22544711

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook