Gerbang Nasional

Melalui KUR, Kapasitas Daya Saing Usaha Akan Ditingkatkan

Kamis, 18 Feb 2021
Sumber Gambar : jurnal24.com

 Melalui pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kapasitas daya saing usaha petani akan ditingkatkan oleh Kementerian Pertanian. Hal ini juga yang menjadi pembahasan pada Ngobrol Asyik (Ngobras), yang dilakukan BPPSDMP Kementan, Selasa (16/02/21) melalui virtual. Tema yang diangkat adalah pemanfaatan KUR bagi petani.

Kegiatan Ngobras menghadirkan narasumber dari Bank mandiri, BRI dan BNI.

KUR merupakan kredit modal kerja dan/atau investasi kepada debitur yang mempunyai usaha produktif dan layak, yang sumber dananya sepenuhnya bersumber dari Bank Penyalur KUR. Namun ada subsidi bunga dari Pemerintah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, tujuan KUR antara lain meningkatkan dan memperluas penyaluran KUR kepada usaha produktif, Meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

“Sektor pertanian tidak boleh goyah akibat Covid-19. KUR ini juga sebagai upaya agar dampaknya tidak sampai memukul perekonomian petani,” kata Mentan SYL.

Mentan mengajak para petani dan pimpinan daerah untuk memanfaatkan layanan KUR ini demi meningkatkan kinerja sektor pertanian dari hulu hingga hilir.

“Program ini sudah dikendalikan dengan aturan main yang cukup ketat karena langsung diawasi para pimpinan daerah. Kalau ini termanfaatkan dengan baik, maka tidak perlu lagi petani ngambil pinjaman dari mana-mana yang bunganya besar-besar,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan, pertanian bukan hanya satu kewajiban apalagi keterpaksaan.

“Akan tetapi, pertanian itu adalah bisnis. Pertanian adalah tempat cari duit,” ujar Dedi Nursyamsi, didampingi oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Lely Nuryati.

Dedi Nursyamsi menambahkan, pertanian adalah bisnis.

“Berbicara bisnis berarti kita memerlukan modal, pemerintah telah menyiapkan KUR dengan bunga yang rendah,” ujarnya.

di kesempatan ini masing-masing narasumber memaparkan bagaimana cara mengakses KUR, Dokumen yang diperlukan dan persyaratan usaha agar mendapatkan KUR.

Salah satu syarat calon penerima KUR yaitu mempunyai usaha produktif yang telah berjalan minimun selama 6 (enam) bulan.

Diharapkan dana KUR ini bisa dimanfaatkan para petani di seluruh Indonesia. Dalam jangka pendek, penyaluran KUR juga diharapkan dapat menangkal dampak pandemi Covid-19. (HVY)

sumber: jurnal24.com

PENGUNJUNG

3844

HARI INI

44467

KEMARIN

32356402

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook