Gerbang Daerah
NUSA TENGGARA BARAT > KABUPATEN SUMBAWA BARAT >

PERAN VITAMIN B1 PADA TANAMAN

Kamis, 21 Jan 2021
Sumber Gambar :

PERAN VITAMIN B1 PADA TANAMAN

Oleh achmad Budillah,SP, M.Si

Vitamin adalah nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh tanaman. vitamin juga menjadi salah satu zat penting bagi tanaman. Tanaman memerlukan vitamin untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan organ. Salah satu vitamin yang diperlukan adalah vitamin B.  Umumnya vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit dalam kehidupan tanaman tapi sangat penting dalam menunjang proses fotosintesis, pembelahan sel dan pertumbuhan organ.

Salah satu vitamin yang sering diaplikasikan ketanaman adalah vitamin B1 (tiamin). Penggunaan vitamin B1 ditujukan untuk menjaga atau memulihkan kondisi tanaman. Vitamin B1 merupakan nutrisi penting yang berperan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Peran vitamin B1 ini juga dibutuhkan dalam jaringan tanaman. Tanpa adanya energi, proses pertumbuhan tanaman, seperti pembelahan sel, pembentukan jaringan baru, dan pertumbuhan akar tidak dapat terjadi.

Selain untuk membantu proses metabolisme pada jaringan tanaman serta menghasilkan energi, vitamin B1 memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk tanaman, yaitu:

  1. Membantu proses metabolisme jaringan tumbuhan agar berlangsung dengan baik. Dengan begitu, pembentukan energi dari karbohidrat dapat dilakukan.
  2. Dapat mencegah dan mengurangi stres pada tanaman.
  3. Meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan yang baru.
  4. Menjaga tanaman tetap segar. Meski sedang melewati berbagai proses, seperti penanaman, dan pergantian media tumbuh baru (re-potting).
  5. Mempercepat proses tumbuhnya akar.
  6. Melancarkan penyerapan unsur hara.
  7. Membantu pertumbuhan jaringan baru jadi lebih cepat.

Vitamin B1 atau tiamin dapat diperoleh secara sintetis atau alamiah. Salah satu sumber vitamin B1 yang mudah didapatkan adalah  air cucian beras.  Air cucian beras  mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin B1. Kandungan vitamin ini bisa ditemui pada kulit ari beras. Nantinya, ketika beras dicuci sebelum dimasak, vitamin B1 akan ikut larut dalam air cucian tersebut.

Salah satu merk dagang vitamin B yang diaplikasikan untuk kebutuhan tanaman adalah B-1 Start Vitamin memiliki kandungan utama P2O5 2.0%, Iron (Fe) 0.10% sebagai Fe-EDTA, Vitamin B1 (thiamine mononitrate) 0.10%, dan NAA 0.04% yang sangat bagus di pakai pada saat reporting tanaman ataupun pada fase pertumbuhan tanaman, terkadang dikenal juga dengan hormon ANTI STRESS.

Fungsi thiamine mononitrate di dalam metabolisme tanaman dalam hal mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktifitas di dalam tanaman. Sehingga dengan demikian tanaman yang mengalami stres karena kondisi bare root (pengiriman tanpa media) ataupun dikarenakan pemindahan tanaman ke media baru, segera melakukan aktifitas metabolisme untuk beradaptasi dengan lingkungan ataupun media yang baru.

Aplikasi B-1 Start.  Ambil Satu sendok makan B-1 Start Vitamin dicampur dengan air sebanyak 5 liter air atau 1:500, disemprotkan 2 minggu sekali. Disemprotkan pada media/tanah dan pada tanaman baru dicangkok atau tanaman baru/tanaman yang kurus. Bila penyemprotannya dilakukan lebih sering, campurannya dapat dilakukan sampai skala 1:1000.

Merk lain yang mengandung B complex adalah GreeWorld, formulasi Vitamin B1, Vitamin B6, microelement, dan hormon akar yang lebih berperan pada penangulan stress akar saat perpindahan tanaman serta dapat memacu pertumbuhan akar serta mengoptimalkan metabolism tanaman.  Produk ini dapat digunakan pada tanaman yang rusak akibat sinar utraviolet

 

 

PENGUNJUNG

55311

HARI INI

81057

KEMARIN

26262008

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook