Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN BONE > CINA

CARA MEMILIH BIBIT KACANG TANAH

Senin, 11 Jan 2021
Sumber Gambar : https://www.google.com/search?q=kacang+tanah&client=firefox-b-d&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiV7onCgZPuAhWEdn0KHX5JBTMQ_AUoAXoECAcQAw&biw=1366&bih=654#imgrc=NSAtWx-VYdxnMM

Memilih bibit atau seleksi bibit sangat penting dilakukan sebelum melakukan tahapan budidaya selanjutnya, karena bibit adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan hasil akhir (panen) suatu tanaman. Pemilihan bibit yang tepat dapat memudahkan perawatan dan memberikan hasil panen yang berlimpah. Hal ini berlaku untuk budidaya tanaman apapun, termasuk budidaya tanaman kacang tanah.

            Dalam pemilihan bibit kacang tanah tentunya harus diperhatikan spesifik wilayah. Setiap daerah jenis varietas yang cocok mungkin berbeda. Dari jenisnya tanahnya, di daerah saya yang cocok adalah kacang tanah lokal. Jenis kacang tanah lokat memiliki karakteristik kulit yang halus, mempunyai biji yang padat padat dan rapat sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

            Pemilihan bibit kacang tanah cukup mudah namun memerlukan penanganan yang cukup hati-hati, diantaranya :

  1. Pilih bibit berkualitas baik dan tua, kira-kira berumur 100 hari,
  2. Dari segi bentuk, pilihlah bibit kacang tanah yang berukuran besar, biasanya ukuran yang besar mempunyai daun yang lebar dan lebat, lebih tahan serangan hama dan penyakit.
  3. Bibit yang baik warnanya mulai kehitaman dan ketika dibuka bagian isinya sudah tidak memiliki selaput.
  4. Bibit kacang tanah dijemur selama 4-5 hari.
  5. Untuk menjaga kualitas, benih kemudian disimpan selama 3-6 bulan.
  6. Jangan membuka cangkang selama masa penyimpanan. Cangkang boleh dibuka hanya apabila benih akan digunakan. Cangkang harus dikupas dengan tangan (manual) karena biji kacang tanah sangat rentan terhadap benturan berlebihan, bagian luar mungkin saja terlihat bagus tetapi bakal tunasnya di dalam akan retak. Biasanya akan terlihat setelah ditanam dan tumbuh beberapa hari tanaman akan banyak yang layu dan mati.

Demikian tips dan trik pemilihan bibit kacang tanah agar diperoleh hasil yang maksimal. Semoga saja dapat bermanfaat untuk para petani yang akan melakukan budidaya tanaman kacang tanah.

 

 

 

 

Oleh :

Dian Andriani, S.TP

PENGUNJUNG

1644

HARI INI

26149

KEMARIN

27621155

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook