Gerbang Daerah
NUSA TENGGARA TIMUR > KABUPATEN NGADA > BAJAWA UTARA

DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN PROPINSI NTT GELAR REFRESHING MANTRI TANI DAN PENGOLAHAN DATA STATISTIK DI KABUPATEN NGADA

Rabu, 30 Sep 2020
Sumber Gambar : dok.Penyuluh

Kegiatan refreshing  Mantri Tani dan pengolahan data statistik hortikultura  di Kabupaten Ngada digelar secara bersamaan semua Kabupaten di zona Flores Lembata dan Zona Sumba oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Lecky Frederich Koli,STP, secara virtual/online melalui sarana zoom video conference, Senin (28 September 2020).

                Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT mengatakan, dalam upaya mendukung program strategis Kementrian Pertanian yakni Kostra Tani yang menitikberatkan pada program satu data, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT  mengambil langkah –langkah stategis untuk  perbaikan dan pemuktahiran data pertanian, yang salah satunya adalah data statistik areal pertanaman dan produksi hortikultura. Pengolahan data statistik hortikultura ini dimulai dari pengumpulan data, pelaporan, pengolahan, analisis sampai dengan penyajian data yang dalam pengisianya dan arus pelaporannya dilakukan melibatkan beberapa intitusi sesusai tanggung jawabnya masing-masing.

Lebih lanjut kepala dinas Pertanian Propinsi NTT menjelaskan bahwa, keberhasilan pengumpulan data, sangat ditentukan oleh kemampuan petugas Mantri tani di lapangan dalam mengumpulkan data dari wilayah kerjanya masing-masing secara akurat real time dan lengkap, serta mengirim data tersebut ke Dinas Pertanian Kabupaten tepat waktu,selanjutnya tingkat Kabupaten melakukan rekapitulasi data dari mantri tani kecamatan dan diteruskan ke Dinas Pertanian propinsi. Beliau meminta kepada semua peseta untuk mengikuti kegiatan refreshing in,i untuk setelah kegiatan ini dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan data, terutama data hortikultura yang belum lengkap.

Kepala Sub Bagian dan Evaluasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Semuel F.Keffi,SP,M.Sc, yang juga sebagai Ketua panitia kegiatan refreshing ini, melalui sarana zoom video conference menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu: a) untuk meningkatkan kemampuan petugas mantri tani/ petugas pengumpulan data Kecamatan dan petugas pengolah data statistik hortikultura kabupaten dalam pengisian folmulir statistik pertanian (SPH-SBS, SPH-BST, SPH-TH, SPH-TBF, SPH-ALSIN, dan SPH-BN) serta pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hortikultura; b) menyamakan metode metode pelaporan data statistik hortikultura sesuai dengan buku pedoman pengumpulan dan pengolah data hortikultura. c)menigkatkan kualitas data statistik hortikultura.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Ngada, Hubertus Jelalu,SP, dalam arahan singkat setelah pembukaan kegiatan dimaksud mengharapkan mantri tani dari semua kecamatan di Kabupaten Ngada yang juga sebagai Kepala Balai penyuluhan Pertanian (BPP) masing-masing Kecamatan dan peserta lain yang hadir dalam kegiatan refreshing ini untuk mengikuti kegiatan dengan spirit baru dalam kebersamaan. “ mari kita mengembalikan semangat kerja kita sebagai mantri tani yang selama ini sedikit memudar akibat banyaknya tugas yang harus kita kerjakan, mulai dari tugas pokok kita sebagai penyuluh, pendampingan program baik program pusat maupun daerah serta pengumpul dan pengimput data, ujarnnya. Mantan Mantri tani Kecamatan Soa ini mengharapkan para Mantri tani tetap semangat menjalani tugas sebagia mantra tani di wilayah kerja masing dengan sebaik-baiknya.

Acara refreshing mantri tani dan  pengolahan data statistik hortikultura  di Kabupaten Ngada digelar selama 2 hari yakni; hari Senin tanggal 28 sampai dengan Selasa tanggal 29 September 2020, bertempat di Homestay Dewon Dora Bajawa. Materi yang disampaikan dalam kegiatan refreshing mantra tani sesuai jadwal tentative yaitu; 1) teknik sampling ubinan hortikultura oleh BPS Kabupaten Ngada,  2) Teknik pengolahan data hortikultura (pengisian form statistik pertanian hortikultura (SPH)) oleh BPS Kabupaten Ngada. 3) Evaluasi capaian pelaksanaan kegiatan hortikultura TA.2020 oleh Tim Propinsi . 4) Sasaran tanam dan panen Oktober- Maret 2020/2021 komoditi Padi, Jagung dan Kedelai (breakdown level kecamatan) oleh tim Propinsi. 5)  Metodologi perhitungan data produksi beras dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA) oleh BPS Propinsi NTT (secara virtual/online). 6) Sosialisasi pelaparan luas tanam dan panen komoditi padi dan jagung berbasis Geoparsial oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia (secara virtual/online).

                Turut hadir sebagai peserta kegiatan ini, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ngada, Ibu Ermelinda Moi,S.Pi, pengolah data tingkat Kabupaten Ngada, Petugas LTT, dan para Mantri Tani se Kabupaten Ngada. Dan sebagai panitia pelaksana kegiatan di Kabupaten Ngada,  Ibu Wahyu Rismawati,SP dan ibu Lidwina Ninuk Triandari,SE, dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT.

 

Penulis   : Kristianus Neni Siga Taa,SST ( Programer BPP Watukapu- Kecamatan Bajawa Utara)

PENGUNJUNG

23947

HARI INI

71776

KEMARIN

22546688

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook