Gerbang Daerah
> >

Kompetisi Video Penyuluhan Pertanian Kebumen 2020 Di Tengah Pandemi Covid 19

Rabu, 16 Sep 2020
Sumber Gambar : Dokumen Sugeng Haryadi

KEBUMEN-Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPD Perhiptani) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (FK THL TBPP) dan Forum Komunikasi Tenaga Penyuluh Pertanian (FK TPP) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Kompetisi Video Penyuluhan Pertanian Kebumen Tahun 2020. “Tujuan diselenggarakannya kompetisi video ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia penyuluh pertanian di Kabupaten Kebumen dalam mengemas materi penyuluhan pertanian kedalam bentuk video penyuluhan pertanian yang kreatif dan inovatif sehingga mudah dipahami oleh para pelaku utama maupun masyarakat pada umumnya” kata Minto Raharjo, S.PKP, ketua panitia penyelenggara. Kompetisi video ini mengangkat tema “Perkuat Penyuluhan Pertanian Dengan Potensi Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP)” sehingga diharapkan potensi wilayah unggulan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kebumen dapat terangkat.

Adapun persyaratan dan ketentuan mengikuti kompetisi video adalah sebagai berikut :

1. Peserta adalah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di Kabupaten Kebumen.

2. BPP sebagai peserta wajib mempunyai dan menggunakan akun/channel YouTube resmi milik BPP sebagai media untuk mengupload video yang akan dilombakan sekaligus membagikan link videonya kepada panitia untuk dinilai.

3. Waktu pendaftaran peserta melalui https://bit.ly/KVPPK2020 paling lambat tanggal 10 Juli 2020 dan waktu upload video di channel YouTube dilakukan pada hari Kamis, 30 Juli 2020 Pukul 00.00 s/d 23.59 WIB.

4. Durasi maksimal video yang dilombakan adalah 7 menit.

5. Waktu pembuatan video dimulai pada 1 Juli 2020 s/d 29 Juli 2020.

6. Video yang dilombakan asli karya kreasi penyuluh pertanian di BPP (Jika diketahui dibuatkan oleh pihak lain maka gugur).

7. Video menampilkan keunggulan masing-masing kecamatan dan mengandung pesan penyuluhan pertanian.

8. Unsur penilaian video meliputi : Kesesuaian ide dengan tema, nilai motivasi dan inspirasi yang terkandung, penyampaian pesan penyuluhan yang mudah diterima, teknis (alur, editing, kualitas gambar dan musik) dan atensi terhadap video (jumlah like).

9. Penilaian video dilakukan secara online oleh juri yang profesional dan dijamin tidak memiliki hubungan dan keberpihakan apapun terhadap semua peserta lomba.

Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kompetisi ini, terbukti dari video yang dikirim ke panitia penyelenggara hasilnya sungguh luar biasa. Setiap BPP Kecamatan menampilkan keunggulan potensi wilayahnya masing-masing serta dikemas dalam bentuk video penyuluhan yang kreatif dan inovatif.  Era Revolusi Industri 4.0 dituntut para penyuluh pertanian untuk menguasai teknologi informasi, salah satunya dengan penyuluhan secara online melalui YouTube yang dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

Pengumuman hasil Kompetisi Video Penyuluhan Pertanian Kebumen Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 September 2020 di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dengan hasil sebagai berikut :

1.Juara I BPP Kecamatan Ayah

2.Juara II BPP Kecamatan Karanganyar

3.Juara III BPP Kecamatan Rowokele

4.Harapan I BPP Kecamatan Karanggayam

5.Harapan II BPP Kecamatan Sempor

6.Harapan III BPP Kecamatan Poncowarno

Hadir dalam pengumuman hasil kompetisi ini antara lain : Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Kordinator PPL, Koordinator Puskeswan dan Admin Media Sosial BPP. Video kompilasi peserta kompetisi dan komentar dewan juri ditampilkan di layar proyektor. Selain itu dilaksanakan join Zoom Meeting, live streaming lewat Facebook, dan Instagram Penyuluh Pertanian Kebumen. Acara ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara jaga jarak dan penggunaan masker.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Ir.H.Tri Haryono mengapresiasi dan mendukung adanya kompetisi video penyuluhan pertanian ini. Harapan kedepanya lebih banyak lagi bermunculan video penyuluhan pertanian yang kreatif dan inovatif di Kabupaten Kebumen sehingga penyuluhan tidak hanya dilaksanakan secara tatap muka akan tetapi dapat dilaksanakan secara online. Salam Kostratani Maju Mandiri Modern.

Ditulis oleh : Sugeng Haryadi,S.Pt Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Karanggayam Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook