Gerbang Daerah
> >

POMPANISASI SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN PRODUKSI PADI DI MUSIM TANAM KETIGA

Selasa, 15 Sep 2020
Sumber Gambar :

Pagi itu, di hamparan sawah Kelompok Tani (Poktan) Widodo terdengar suara riuh mesin pompa air. Kegiatan padat karya Dampak Perubahan Iklim (DPI) pompanisasi dilaksanakan di hamparan sawah Poktan Widodo sebagai salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan air. Bantuan bahan bakar sebesar 100 liter sangat dirasakan manfaatnya oleh petani, khususnya saat kondisi pandemi covid 19 seperti sekarang.

Poktan Widodo adalah salah satu kelompok tani yang ada di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Hamparan sawah seluas kurang lebih 30 hektar, 10 hektar diantaranya ditanamai padi, dan sisanya ditanami tebu serta kacang hijau. Tanaman padi menjadi komoditas unggulan di Poktan tersebut, terbukti selama tiga musim semua ditanami padi.

Lahan sawah di Poktan Widodo termasuk ke dalam tipe sawah irigasi setengah teknis. Pengairannya mengandalkan sumber air dari sungai terdekat saat di musim hujan, khususnya di musim tanam satu (MT 1) dan musim tanam dua (MT 2). Sedangkan di musim kemarau atau musim tanam ketiga (MT 3) mengandalkan sumur-sumur pantek petani. Sehingga untuk menunjang suksesnya tanam padi di musim tanam ketiga, pompanisasi menjadi salah satu solusi.

Ketersediaan air menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh petani, karena sangat berpengaruh pada kondisi tanaman di sawah. Jika tanaman kekurangan air, maka akan berpengaruh pada jumlah anakan serta bulir padi kurang berisi. Dan pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas. Produktivitas padi selama ini di kisaran 9 kuintal - 1,1 ton/kotak atau 6,3 – 7,7 ton/hektar. Harapannya dengan pompanisasi bisa turut membantu meningkatkan produktivitas, disamping upaya-upaya lain seperti penggunaan bibit muda, pemupukan berimbang, serta pengendalian hama penyakit secara terpadu.

 

 

Choirotun Salafiah, S.Pt.

Penyuluh Pertanian Pertama di BPP Bae Kabupaten Kudus

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook