Gerbang Daerah
> >

Manfaat Mentimun sebagai Obat Herbal

Selasa, 30 Jun 2020
Sumber Gambar :

Tanaman mentimun menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah untuk ditemui karena sering dijadikan sayur lalap pendamping menu utama. Namun, tahukah Anda tanaman ini merupakan tanaman semusim sehingga hanya berbuah pada musim tertentu. Selain berguna menjadi sayuran pendamping, ternyata manfaat mentimun dapat Anda rasakan sebagai obat herbal.

Manfaat mentimun

Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi hingga 90 persen sehingga mampu memberikan efek menyiram bakteri yang berada di sepanjang usus dan kandung kemih. Namun, timun juga mengandung sifat diuretik yang mampu mengeringkan penumpukan cairan pada tubuh. Air yang dikandungnya juga dapat digunakan untuk menghilangkan toksin atau racun dan asam urat melalui ginjal.

Berikut  manfaat tanaman mentimun sebagai obat herbal sbb:

  1. Mengobati tifus

Parutlah dua buah mentimun segar, lalu peras dan saring. Minum air perasan tersebut sekaligus 2—3 kali sehari untuk menurunkan tekanan darah serta menyembuhkan penyakit tipus yang sedang Anda derita. Air saringan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan ginjal dengan cara meminumnya sedikit demi sedikit.

  1. Sariawan

Penyakit yang kerap dialami ini sebenarnya sangat mengganggu kenyamanan karena benjolan yang tumbuh dalam mulut terasa sakit. Manfaat mentimun juga bisa digunakan untuk menghilangkan sariawan dengan cara mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Selain itu, jika Anda rajin mengonsumsi timun tiap hari dapat melangsingkan tubuh.

  1. Berjerawat

Untuk menghilangkan jerawat, Anda harus mengiris mentimun yang sudah dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan irisan mentimun dan gosok-gosokkan pada kulit yang berjerawat. Treatment ini juga berguna untuk mengencangkan kulit wajah.

  1. Mengobati rasa gatal, sakit, dan bengkak akibat sengatan lebah

Buatlah jus atau pasta mentimun untuk mengobati rasa gatal, sakit, dan bengkak yang diakibatkan oleh sengatan lebah.

  1. Diare

Rebus mentimun dan haluskan. Saring timun yang sudah halus dan berikan sedikit madu ke dalam air saringan tersebut. Ramuan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan diare pada anak.

  1. Sakit tenggorokan

Kali ini gunakan biji mentimun yang dicampur dengan sedikit garam, lalu ditambahkan air. Ramuan ini dapat dikonsumsi dengan cara dikumur-kumur bagi penderita sakit tenggorokan.

  1. Diet

Mentimun kerap digunakan pada seseorang yang tengah menjalani program diet. Ini karena mentimun mampu memberikan efek mengenyangkan dengan jumlah kalori yang rendah dan kaya mineral seperti kalsium, kalium, mangan, dan sulfur.

 

Penulis : Mawarni

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook