Gerbang Daerah
> >

Penyuluh Pertanian Jakarta Selatan Mempersiapkan Petani Milenial Di Tengah Pandemi Covid 19

Jum'at, 22 Mei 2020
Sumber Gambar : Hairul Ihsan

Ditengah sebagian besar ASN bekerja di rumah (WFH), penyuluh pertanian tetap berkomitmen melakukan kegiatan penyuluhan dengan berbagai metoda penyuluhan, baik itu yang bersifat virtual maupun langsung bertemu dengan warga masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ini, melakukan panen sayuran bersama dengan kelompok Karang Taruna RW 07 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada tanggal 19 Mei 2020.   

Panen bersama ini merupakan salah satu upaya Hairul Ihsan, Penyuluh Pertanian Kecamatan Tebet melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada generasi muda guna mempersiapkan mereka menjadi petani Milenial di perkotaan dengan berbagai penerapan inovasi teknologi pertanian modern. Upaya ini juga diharapkan dapat   meringankan beban pemerintah dalam menanggulangi masalah pengangguran (PHK) yang terdampak pandemi covid 19 yang masih terus berlangsung entah sampai kapan.

Antusiasme generasi muda yang ditunjukkan oleh kelompok Karang Taruna RW 07  berusaha tani di perkotaan mendapat dukungan dari Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Camat dan Lurah Kebon Baru. Dalam kesempatan panen bersama tersebut, Kasudin berharap bahwa panen ini merupakan titik awal untuk mengembangkan usaha kearah yang lebih serius, efektif dan efisien, sehingga dapat dilakukan secara komersial. Banyak sekali peluang yang dapat dikembangkan, terutama terkait dengan pemasaran, dimana produk yang dihasilkan dapat dipasarkan di Super Market yang tersebar dilingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Pada awal panen perdana ini telah diupayakan budidaya beberapa sayuran penting dengan teknologi hydroponik terdiri dari beberapa rak tanaman. Lokasi usaha tidak menjadi kendala bagi mereka mengingat lahan yang digunakan adalah memanfaatkan lantai 2 salah satu Madrasah/ TK Al Istianah (Roof Top Garden). Dimasa yang akan datang akan diterapkan inovasi teknologi  akuaponik yang memadukan antara budidaya ikan dengan sayuran melalui system pengairan yang terintegrasi. (Hairul Ihsan, Penyuluh Pertanian Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, 2020)

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook