Materi Lokalita
BALI > KABUPATEN KARANG ASEM > SIDEMEN

CARA MENCEGAH HAMA BURUNG PADA TANAMAN PADI.

Kamis, 21 Mei 2020
Sumber Gambar : BPP Kec.Sidemen

CARA MENCEGAH HAMA BURUNG PADA TANAMAN PADI

Budidaya tanaman padi merupakan kegiatan yang sangat memerlukan tenaga  dan biaya yang cukup banyak, juga proses waktu yang Panjang sekitar empat bulanan mulai dari persiapan pengolahan tanah dan pembuatan pesemaian sampai pada panen.

Di alam sekitar kita banyak jenis bururng  yang beterbangan   , bahkan banyak dipelihara karena suara nya yang merdu atau warna ny yang menarik sehingga harga nya pun bisa puluhan ribu sampai jutaan rupian sehingga ada orang menangkarkan karena hobi atau  membudidayakan karena  mendatangkan keuntungan.

Namun bila bururng ini merusak tanaman padi yang dibudidayakan petani dan merugikan maka bururng tersebut bisa disebut Hama  secara ekonomi i menurunkan produksi dan  pendapatan petani.

 burung yang menyerang pada tanaman padi biasanya bururng pipit, ( emprit ) atau Bondol  Peking  ( Lonchura Punctulata ) dan Bondol Jawa  ( Lanchura leucogastroides )  jenis bururng  ini sangat banyak dan penyebarannya di masing – masing daerah punya nama, bururng pipit hidup nya senang berkelompok  pada suatau Kawasan.

Menjelang tanaman padi umur 55 – 80  hari setelah tanam (hst ) bulir – bulir padi telah keluar dan mulai masak susu  samapi terisis penuh, pada saat itulah petani dibuat pusing dan kewalahan  oleh serangan hama Bururng pipit  yang  akan memakan tanaman padi  secara berkelompok dalam jumlah kecil atau bergerombol dalam jumlah yang banyak  yang menyebabkan banyak bulir – bulir padi hampa / kososng sehingga bisa mengurangi hasil Panen.

Kebiasaan Bururng pipit  menyerang tanaman padi pada pagi jam 06.00 – 09.30  wita dan menjelang sore hari jam 15.00 – 17.00 wita sehingga diharapkan petani menjaga di sawah pada tanaman padi pada jam – jam tersebut, bukan menjaga tanaman padi nya seharian.

Untuk mendukung efektifitas pencegahan dari serangan hama  bururng petani bisa membuat / memasang bahan / alat  yang murah  dan mudah dilaksanakan  seperti :

  • Memasang tali yang di bentangkan diantara petakan sawah dikasi kantong2 plastik bekas yang warna warni , juga bisa di kasi kaleng2 bekas di lubangi dalamnya dikasi batu kerikil kecil agar bisa bersuara, di gerak-gerakan  untuk menakut – nakuti bururng.
  • Memasang kincir angin ( pindekan ) sehingga meninmbulkan suara bururng bisa menjauh.
  • Memang boneka / orang – orangan di sawah sebagai penakut bururng tapi harus di isi tali untuk bisa digerak- gerakkan sehingga bururng menjauh.
  • Dan banyak cara dan peralatan / bahan lain dalam pencegahan hama bururng

Dari kegiatan tersebut diatas  pada intiinya pengawasan dan penjagaan dari Petani  pada jam-jam tersebut  sangat diperlukan untutk mencegah kehilangan produksi.

Penulis  :  I Made Putra, Penyuluh Pertanian lapang  BPP Kecamatan Sidemen.

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook