Gerbang Daerah
RIAU > KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI >

KEGIATAN RAPAT KOORDINASI BIDANG KETAHANAN PANGAN

Kamis, 26 Mar 2020
Sumber Gambar :

Bidang Ketahanan Pangan  mengadakan kegiatan rapat koordinasi di Ruang Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti . Kegiatan Rapat dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Kepala Bidang Penyuluhan, Kasi Tenaga Penyuluhan, Kasi Bidang Ketahanan Pangan Koordinator PPL Kecamatan dan Perwakilan PPL masing-masing kecamatan sebanyak 2 orang. Rapat membahas mengenai rencana program kerja bidang ketahanan pangan tahun 2021. Dalam sambutannya Arief Rahman Hakim, ST, MT selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti bahwa di bidang ketahanan pangan mendapat program kerja yang bersumber dari APBN Pusat dimana pembagian kewenangannya melalui Provinsi selaku Pengguna Anggaran. Selanjutnya rapat dipimpin oleh Ifwandi, SP selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan yang memaparkan program kegiatan bidang ketahanan pangan antara lain :

  1. Family Farming ( Kebun Keluarga) yang diutamakan untuk daerah lokasi prioritas (lokpri), kerentanan pangan/kerawanan pangan dan stunting. Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat 5 kecamatan yang menjadi lokpri antara lain : Kecamatan Rangsang Barat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kecamatan Rangsang, Kecamatan Pulau Merbau dan Kecamatan Tasik Putri Puyu. Persyaratanya : Mempunyai lahan seluas 2 Ha, Komoditi yang diusahakan minimal 2 komoditi (peternakan, perikanan, tanaman pangan dan hortikultura), penerima manfaat bisa kelompok tani ataupun Gapoktan.
  2. Dalam upaya memperluas penerima manfaat dan pemanfaatan lahan, pada tahun 2020 kegiatan KRPL berubah menjadi Pekarangan Pangan Lestari atau disingkat P2L. Kegiatan P2L dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting dan/atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan. Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.
  3. Guna mendorong tumbuhnya pengusaha pertanian milenial, Kementerian Pertanian (Kementan) menggalakan Program "Pertanian Masuk Sekolah". Dan untuk tahun 2021 sudah direncanakan sebanyak 2 sekolah yait SMA Negeri 3 Selatpanjang Desa Banglas dan Pondok Pesantren Almuawanah Desa Alah Air.

Untuk mempercepat penginputan data di e-proposal maka diharapkan kepada PPL yang ingin mengajukan kegiatan untuk segera mengajukan proposal untuk Kelompok Tani ke Bidang Ketahanan Pangan.

 

 

Penulis : Nursita Apriani, SP

PPL Desa Selatpanjang Timur  Kecamatan Tebing Tinggi

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook