Materi Lokalita
ACEH > KABUPATEN BIREUEN > JANGKA

Budidaya tanaman Sawi Dilahan pekarangan

Selasa, 24 Mar 2020
Sumber Gambar :

mamfaatan lahan pekarangan bertujuan untuk kecukupan, ketahanan, dan kemandirian pangan masyarakat. Berbeda dengan lahan pertanian secara umum, pekarangan rumah memiliki luasan yang relatif sempit, bersentuhan langsung dengan penghuni rumah, serta memiliki peran yang sangat kompleks. Oleh sebab itu, pemanfaatannya dalam budidaya sayuran harus direncanakan sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi optimal, baik dalam hal tingkat produksi maupun dalam pemanfaatan lainnya di rumah tangga.

Salah satu sayuran yang dapat ditanam pada lahan pekarangan adalah sawi. Sawi cocok di tanam pada dataran tinggi namun juga dapat di tanam di dataran rendah. Sawi sangat senang tumbuh pada suhu sejuk terlebih pada musim penghujan. Tanah yang teksturnya gembur kemudian banyak mengandung humus dan subur serta memiliki pembuangan air yang baik. Ph yang baik untuk penanaman sawi  yaitu antara 6 sampai 7.

Langkah-langkah pembibitan sawi  :

  1. Tempat pembibitan dibuat terlindung dari deraan hujan secara langsung namun terena sinar matahari cukup.
  2. Bibit disebar secara merata atau membuat lubang tanam dengan jarak kurang lebih 1 cm.
  3. Masukkan benih ke dalam lubang tanam dan ditutup tipis menggunakan kompos atau pupuk kandang halus. Lalu benih ditutup menggunakan pupuk tersebut dengan ketebalan 0,5-1 cm.
  4. Tebarkan furadan (apabila diperlukan) di permukaan media pembibitan sesuai aturan yang ada di kemasannya. Hal ini tersebut dilakukan untuk menghindari serangan hama berupa semut atau ulat tanah.
  5. Penyiraman dilakukan 2-3 hari sekali pada saat benih baru ditanam atau bibit kecil. Pada saat bibit tumbuh agak besar, lakukan penyiraman sekali sehari.
  6. Setelah bibit memiliki daun sempurna 2 lembar, lakukan pemindahan bibit pada wadah pembibitan tunggal, misalnya polybag berdiameter 10 cm atau pot kecil bekas kemasan aqua gelas. Lakukan pemeliharaan seperti biasa higga siap pindah tanam. 
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook