Gerbang Nasional

Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Penyuluh Pertanian PNS

Selasa, 03 Mar 2020
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Pusat Penyuluhan Pertanian menyelenggarakan  Pertemuan  Bimbingan  Teknis  Penguatan  Kapasitas  dan Kompetensi Penyuluh Pertanian PNS dalam rangka meningkatkan produksi yang berdaya saing berorientasi ekspor yang dilaksanakan mulai tanggal 02 sampai dengan 04 Maret 2020 bertempat Hotel Santika Depok Jawa Barat.

Peserta yang hadir adalah perwakilan Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Provinsi yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan di 34 provinsi, perwakilan Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan, Penyuluh Pertanian dari BPTP di 34 provinsi, Penyuluh Pertanian dari BP2TP dan Penyuluh Pertanian di Pusat.

Narasumber yaitu:

  1. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian
  2. Kebijakan Penyuluhan Pertanian oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian
  3. Kebijakan Pengembangan Karier Jabatan  Fungsional Penyuluh  Pertanian oleh Sekretaris BPPSDMP
  4. Administrasi Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian  terkait  dengan Permenpan  RB No. 13 Tahun  2019 oleh Kepala  Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretariat  Jenderal Kementerian  Pertanian
  5. Implementasi Tata Kepegawaian Jabatan Penyuluh Pertanian oleh Direktur Jabatan Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara
  6. Implementasi Permenpan RB No. 13 Tahun 2019 terkait Jabatan  Fungsional Penyuluh  Pertanian oleh Asdep Standardisasi Jabatan  dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian  PAN dan RB
  7. Kiat-kiat Penyusunan Dupak Online  Penyuluh Pertanian oleh Kepala  Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian
  8. Penjelasan Butir-Butir kegiatan Angka  Kredit Penyuluh  Pertanian oleh Penyuluh Pertanian Pusat.

Pada pembukaan Bimtek Prof. Dedi Nursyamsi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengatakan Penyuluh Pertanian otaknya petani, jadi kalau petaninya pintar penyuluhnya pasti pintar. Artinya Penyuluh Pertanian sumber inspirasi petani, Penyuluh Pertanian referensinya petani, baik buruknya petani mencerminkan penyuluhnya. Jadilah penyuluh yang pintar, agar para petani pintar. Produktivitas pertanian tinggi didalamnya termasuk target ekspor pasti tercapai. Penyuluh adalah kopasusnya (pasukan khusus) pertanian. Kopasus di kostratani yaitu 16 Rumpun Ilmu Hayati Pertanian (RIHP), berada di kecamatan. Diharapkan dedikasi dan semangatnya jauh diatas rata rata. Pasukan yang menjadi harapan insan pertanian, harapan petani harapan penduduk Indonesia.

Kabar gembira bagi penyuluh pertanian, Kostratani sebagai optimalisasi BPP dengan mempergunakan informasi teknologi. Telah dilengkapi Perangkat IT di BPP pada tahun 2019 sebanyak 400 BPP, dan tahun 2020 diharapkan sebanyak 3000 BPP. Proses belajar mengajar akan dilakukan secara intensif di Kostratani.

Selanjutnya Dr. Leli Nuryati Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian mengatakan Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Peran kostratani sebagai Pusat data dan informasi; Pusat gerakan pembangunan pertanian; Pusat pembelajaran; Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pusat Pengembangan jejaring kemitraan. Kostratani sebagai pusat data dan informasi mengidentifikasi dan verifikasi data kelembagaan petani di wilayah binaan penyuluh pertanian, sehingga data valid dan akurat. Data tersebut dapat di melalui SIMLUHTAN.

Menteri Pertanian setiap Jumat  pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB  melalui kegiatan “sapa penyuluh dan petani”  melalui AWR bersedia menyapa penyuluh dan petani.

 

Pertanian Maju Mandiri Modern

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook