Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KOTA PAREPARE > UJUNG

MENGENAL TANAMAN PORANG

Sabtu, 29 Feb 2020
Sumber Gambar : www.google.com

Mengenal Tanaman Porang

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

Porang (Amorphopallus muelleri) merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 1,5 meter, tanaman ini merupakan tanaman penghasil umbi yang banyak hidup di hutan tropis. Secara fisik, tanaman porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau-putih. Tanaman porang hanya bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohon jati.  

Tanaman porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja. Namun untuk mendapatkan hasil yang baik, maka siapkan tanah yang gembur dan subur serta tidak tergenang air, memerlukan naungan agar pertumbuhannya baik. Tingkat kerapatan naungan minimal 40 %, mempunyai sifat khusus yaitu mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh.

Porang membawa beragam manfaat baik untuk kesehatan maupun industri pangan dan obat-obatan.
1. Glukomanan pada porang mampu mengurangi kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama di perut. Karena rendah kalori, porang tidak akan mengganggu Anda yang tengah menjalankan program diet.
2. Tepung porang rendah kadar indeks glikemik sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.
3. Dengan kandungan serat pangan yang tinggi, porang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti kanker usus besar, penyakit kardiovaskular, dan kencing manis.
4. Di Filipina, tepung porang digunakan untuk pengganti terigu dan bahan baku roti. Rasanya yang netral membuatnya muda dipadupadankan dengan bahan makanan lain.
5. Di Jepang, porang dimanfaatkan untuk campuran makanan mi shirataki dan konnyaku.
6. Di industri obat-obatan, glukomanan dimanfaatkan untuk pembentuk kapsul pada obat.

 

Penulis : Resky Maysari, SP ( Penyuluh Pertanian Kota parepare)

 Sumber : dari berbagai sumber melalui akses www.google.com

PENGUNJUNG

21875

HARI INI

89943

KEMARIN

35570341

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook