Materi Lokalita
DI YOGYAKARTA > KABUPATEN KULON PROGO > KOKAP

PIKAT HAMA PASANG LIKAT

Jum'at, 14 Feb 2020
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) merupakan salah satu kendala yang dihadapi petani dalam usaha taninya. Beberapa metode yang dilakukan petani dalam  mengendalikan OPT yang ramah lingkungan adalah secara fisik, mekanik dan rotasi tanaman.  Salah satu penerapannya adalah menggunakan perangkap likat kuning (yellow sticky trap).  Berikut cara membuat perangkap likat kuning yang dipandu oleh Sarimin, S.ST Petugas POPT Dinas Pertanian dan Pangan DIY di KWT Berkah Rejeki, Dusun Kalibuko II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kulon Progo.

Alat dan bahan

Botol kemasan bekas

Gunting

Kertas warna kuning

Lem perekat

Plastik bening ukuran 1 kg (menyesuaikan dengan besar kecilnya botol)

Kuas cat

Ajir

 

Cara Membuat :

  1. Botol kemasan bekas dibersihkan, jangan sampai ada bekas air atau basah. Pastikan dalam botol kemasan benar-benar kering
  2. Potong kertas warna kuning sebatas leher botol . Gulung dan masukkan ke dalam botol.  Goyang botol sebentar agar kertas memenuhi seluruh ruangan botol.
  3. Lapisi botol dengan plastik bening. Kemudian olesi seluruh permukaan plastik dengan lem perekat menggunakan kuas.  Oleskan secara merata.
  4. Masukkan ajir ke dalam botol. Perangkap likat kuning siap di pasang di lahan.

 

Dalam kesempatan tersebut Sarimin, SST menjelaskan  pemakaian warna kuning didasarkan bahwa serangga tertarik warna cerah , terang atau warna kontras.  Berdasarkan penelitian warna yang paling disukai oleh serangga adalah warna kuning.  Perangkap warna dilapisi lem perekat khusus yang didalamnya ada kandungan sex feromon agar hama terutama lalat buah tertarik kemudian hinggap langsung menempel dan mati karena tidak bisa terbang kembali.  Setelah beberapa hari atau setelah permukaan plastik penuh dengan serangga yang menempel, sebaiknya plastic dilepas kemudian diganti plastik baru yang sebelumnya sudah diolesi lem perekat. 

Pemasangan perangkap likat kuning ini memang cukup efektif.  Terbukti beberap menit setelah di pasang di lahan, banyak serangga terutama lalat  buah menghampiri dan menempel di permukaan plastik.  Cara membuatnya juga sederhana, murah dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan botol kemasan bekas. Silahkan mencoba.

 

Penulis :  Yeri Dwihastuti A.W.

 

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook