Materi Penyuluhan

Persiapan Lahan untuk Peremajaan (Replanting) Tanaman Teh

Kamis, 30 Jan 2020
Sumber Gambar : https://www.antarafoto.com/mudik/v1516782618/peremajaan-tanaman-teh-tambi

Tanaman teh merupakan sumber devisa negara, sebagai penyerap tenaga kerja, sebagai penyedia oksigen  bagi manusia dan mahluk hidup lainnya serta mengurangi terjadinya erosi, sehingga keberadaan tanaman teh sangat memberikan manfaat bagi manusia dan lingkungannya.  Permasalahan yang ada adalah areal perkebunan teh Indonesia terus mengalami penurunan, sehingga dapat mengakibatkan banjir, kekeringan dan lonsor yang dapat mengancam jiwa, harta dan kehidupan masyarakat sekitar pada khususnya dan perekonomian nasional pada umumnya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan peremajaan tanaman pada perkebunan teh rakyat yang sudah tua dan tidak produktif lagi.

Peremajaan tanaman adalah penggantian tanaman perkebunan karena tanaman rusak atau tidak menghasilkan dengan tanaman perkebunan yang sama dan dapat dilakukan secara selektif maupun menyeluruh.  Peremajaan tanaman teh sebaiknya dilakukan pada lahan yang  jumlah tanaman teh tuanya mencapai 30-50%. Untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman teh yang baik, persiapan lahan harus dilakukan dengan benar.  Penyiapan lahan untuk peremajaan  dilakukan dengan membebaskan lahan dari tumbuhan pengganggu atau komponen lain dengan maksud untuk memberikan ruang tumbuh kepada tanaman yang akan dibudidayakan.  Persiapan lahan untuk peremajaan tanaman teh diawali dengan pembongkaran pohon yang ada pada lahan tersebut, baik pohon pelindung maupun tanaman teh tua.

Persiapan Lahan untuk peremajaan tanaman (replanting) pada tanaman teh dilakukan sebagai berikut:

  1. Pembongkaran pohon pelindung

Pembongkaran pohon pelindung dilakukan terhadap pohon pelindung yang sudah tidak berfungsi dengan baik, karena dapat menjadi sumber penyakit dan menjadi pesaing hara dan air bagi tanaman teh serta menghindari pengaruh buruk lainnya.

Teknik pembongkaran pohon pelindung sebaiknya dilakukan dengan cara: a)Terlebih dahulu mematikan pohon; b) Pembongkaran pohon atau tunggul dengan cara mendongkel secara manual atau mekanis sampai ke akar-akarnya.

  1. Pembongkaran tanaman teh tua

Dalam melakukan pembongkaran perdu teh tua, harus mempertimbangkan kemiringan lahan agar erosi tidak terlalu besar. Untuk lahan datar dan landai, pembongkaran perdu teh dapat dilakukan dengan pencabutan, sedang daerah kemiringan 30% perdu-perdu teh tidak perlu dibongkar tetapi dimatikan dengan bahan kimia. Pembongkaran dapat menggunakan takel.

  1. Sanitasi

Kebun teh yang telah terserang penyakit cendawan akar, perlu dilakukan sanitasi sebagai berikut : (a) Dilakukan penanaman rumput Guatemala selama dua tahun, setelah itu baru ditanami teh, (2) Lahan siap tanam difumigasi terlebih dahulu dengan methyl bromida. Fumigasi dilakukan dengan mengalirkan methyl bromida ke dalam lembaran plastik yang menutupi tanah selama dua minggu. Setelah itu sungkup dibuka selama dua minggu, baru dapat ditanami teh lagi, (3) Lahan difumigasi dengan Vapam menggunakan alat suntik tanah sebanyak 8 ml/lobang. Jarak antar lobang 30 cm x 30 cm. Penyuntikan pada saat tanah lembab/basah, atau setelah disuntik Vapam kemudian disiram air. Setelah satu bulan tanah dapat ditanami teh kembali.

  1. Pengolahan Tanah

Kegiatan selanjutnya adalah pengolahan tanah.  Setelah tanaman teh dicabut dilakukan pengolahan tanah dengan cara dicangkul seperti pada pengolahan tanah untuk penanaman baru. Sedangkan untuk lahan yang perdunya dimatikan dengan bahan kimia, pengolahan tidak perlu dilakukan, cukup dengan penataan tanah dan pembuatan lobang tanam. Bila masih terdapat rumput liar, maka perlu disemprot dengan herbisida.  (Sri Wijiastuti, Penyuluh Pertanian pada Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP).

Sumber:

1.  Persiapan Lahan untuk Penanaman Ulang (Replanting) Tanaman Teh Oleh Siti Purnama, Dinas Perkebunan.

2.  Replanting, Rehabilitasi, Dan Intensifikasi Kebun Teh Rakyat. Indonesia Tea Board oleh Dewan Teh Indonesia. 2020

PENGUNJUNG

24247

HARI INI

29820

KEMARIN

2155503

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook