Gerbang Nasional

Penyuluh Harus Mampu Memanfaatkan Cyber Extension untuk Membuat Bahan Penyuluhan

Rabu, 29 Jan 2020
Sumber Gambar : swadayaonline.com

Salahsatu peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang digagas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo adalah merubah mindset penyuluh dan petani ke dunia IT. Bahkan Kementan telah membuat road map Kostratani 2020 -2024, bahwa seluruh kecamatan yang ada di Indonesia sudah menjadi Kostratani. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan), Leli Nuryati saat membuka Rapat Koordinasi Pemantapan Sistem Penyuluhan Tahun 2020 di Hotel Salak, Bogor. (28/1/2020).

Menurutnya, penguatan Kostratani melalui data Simluhtan 2020 yang berisi tentang ketenagaan penyuluh pertanian, kelembagaan penyuluh pertanian, kelembagaan petani dan petani, pengusaha pertanian milenial, potenai wilayah, data statistik pertanian, dan data standing crop. "Penyuluh harus mampu memanfaatkan cyber extension di Kostratani sebagai media informasi pertanian melalui media internet untuk mendukung penyediaan materi penyuluhan", ujar Leli Nuryati.. 

Dirinya menambahkan, bahwa setiap eselon 1 di Kementan mempunyai aplikasi yang bisa diakses dan dimanfaatkan penyuluh sebagai sumber informasi yang bisa digunakan untuk membuat materi dan program penyuluhan terutama program Kementan. Penyuluh juga diharapkan menyebarkan seluruh kegiatannya di Kostratani sekaligus sebagai evaluasi.

"Melalui dana dekon, pemerintah akan melakukan penguatan korporasi petani, yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan bergabungnya petani dalam satu korporasi, akan mampu meningkatkan kesejahteraan. Petani diharapkan mampu menjual produknya dalam bentuk olahan, sehingga akan menambah pendapatannya. Karena target oitput dalam Kostratani adalah penguatan kelembagaan penyuluhan, peningkatan kapasitas ketenagaan penyuluhan, pengiatan kelembagaan petani, peningkatan kualitas data, informasi dan materi penyuluhan pertanian serta infrastruktur yaitu dengan perbaikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan IT", tegas Leli Nuryati.

Untuk diketahui, bahwa peran Kostratani adalah sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, kosnultasi agribisnis, pengembangan jejaring kemitraan,.dan tahun 2020 ditagetkan akan terbentuk 3054 unit Kostratani. Sedangkan persyaratan untuk menjadi Kostratani yaitu lokasi strategis, fasilitas listrik, gedung milik sendiri, kondisi bangunan baik, jangkauan internet, terjamin keamanan, mempunyai titik kordinat, jumlah petugas (penyuluh pertanian dan IT) komoditas unggulan, dan foto open camera. SY

Sumber berita : swadayaonline.com

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook