Gerbang Daerah
DKI JAKARTA > >

PEMBENTUKAN BPP SEBAGAI KOSTRATANI DI DKI JAKARTA DI PERCEPAT

Selasa, 14 Jan 2020
Sumber Gambar : Didi Setiabudi

Meskipun Provinsi DKI Jakarta bukan merupakan sasaran utama Kementerian Pertanian dalam mewujudkan BPP sebagai Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) pada tahun 2020, Namun Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta sudah memulai upaya untuk melakukan terobosan dalam membangun BPP sebagai Komando Stategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI). Hal tersebut terungkap dalam penjelasan dan arahan kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan dalam acara Pertemuan Penyuluh Pertanian di DKI Jakarta. Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2020 di Kantor DInas KPKP yang dihadiri oleh seluruh Penyuluh Pertanian ASN, THL TB PP dan petugas teknis lainnya.

Dalam arahannya Kepala Dinas menekankan bahwa tugas penyuluh pertanian dimasa mendatang cukup berat, mengingat jumlah penyuluh semakin berkurang, namun volume pekerjaan akan semakin bertambah. Dalam mempercepat terbentuknya BPP sebagai Kostratani, Kepala Dinas KPKP sangat mendukung kebijakan Kementerian Pertanian tersebut karena hal itu sejalan dengan visi Dinas KPKP dalam membangun system penyuluhan pertanian di perkotaan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat BPP menjadi pusat data, informasi dan teknologi pertanian, sebagai pusat pembelajaran demonstrasi plot, Pusat Agribisnis dan Kewira-usahaan, pusat kemitraan  petani, serta sebagai pusat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pertanian ditingkat Kecamatan.

Dalam pertemuan tersebut terungkap juga berbagai masalah dan kendala yang dihadapi di BPP antara lain sarana, prasarana belajar mengajar dan Teknologi Informasi , gedung BPP yang harus direnovasi serta penguasaan Teknologi Informasi oleh Penyuluh Pertanian yang harus ditingkatkan.

Dalam kesempatan tersebut Bambang Purwanto selaku Kepala Bidang yang menangani penyuluhan di DKI Jakarta bertekad untuk membantu dan melayani  penyuluh pertanian dalam masalah teknis, administrasi dan mengurus kepegawaian yang terkait dengan Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian.

Untuk mendukung percepatan pembentukan BPP sebagai Kostratani di DKI Jakarta, Balai Pengkajian teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta akan melakukan pertemuan koordinasi dengan seluruh stakeholder yang terkait dengan pembangunan pertanian di level Provinsi. BPTP yang bertindak sebagai sekretaris  Kostratani sudah mulai melakukan langkah persiapan dalam membentuk Kostratani di DKI Jakarta. Diinformasikan bahwa  di DKI Jakarta terdapat 6 buah Balai Penyuluhan Pertanian yang tersebar di 5 wilayah kota. Mengingat pentingnya membangun BPP sebagai Konstratani, forum mengusulkan di Kabupaten Kepulauan Seribu akan membangun dan membentuk BPP yang rencananya akan di bangun di Pulau Pramuka atau di Pulau Tidung. (Didi Setiabudi, Penyuluh Pertanian Madya Dinas KPKP, 2020)   

PENGUNJUNG

1501

HARI INI

17699

KEMARIN

1599720

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook