Gerbang Daerah
BALI > KOTA DENPASAR >

DEMBUL VARIETAS PADI MENDUKUNG PENINGKATAN PRODUKTIVITAS

Selasa, 03 Des 2019
Sumber Gambar : Pribadi

Dalam meningkatkan produktivitas tanaman padi, salah satu faktor yang memegang peranan penting adalah varietas yang ditanam, selain kesuburan tanah, ketersediaan air irigasi dan pengaruh iklim. Varietas yang unggul akan beradaptasi sempurna dengan lingkungan dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Varietas unggul adalah varietas yang galur hasil pemuliaan yang mempunyai satu atau lebih keunggulan khusus seperti potensi hasil tinggi, tahan terhadap hama, tahan terhadap penyakit, toleran terhadap cekaman lingkungan, mutu produk baik, dan atau sifat-sifat lainnya serta telah dilepas oleh pemerintah. Berbagai varietas unggul telah diluncurkan oleh pemerintah, seperti berbagai seri inpari, tropiko, dsbnya. Beragamnya varietas unggul diperlukan dalam upaya memberikan banyak pilihan kepada petani saat melakukan pergiliran varietas. Pergiliran varietas perlu dilakukan sebab penanaman varietas yang sama secara terus menerus di lahan yang sama akan mengakibatkan menurunnya ketahanan varietas tersebut terhadap serangan hama dan penyakit sehingga akan berpengaruh terhadap produktivitas.

Dalam upaya memperkenalkan ragam varietas unggul yang sudah diluncurkan oleh pemerintah, maka di Kecamatan Denpasar Barat dilakukan kajian berupa Demontrasi Benih Unggul (Dembul). Benih unggul yang digunakan adalah Inpari 43, Cibogo, dan Tropiko. Dengan dikenalnya ketiga varietas tersebut oleh petani, diharapkan petani akan tertarik menanamnya untuk menggantikan varietas tertentu yang telah ditanam oleh petani selama hampir 10 tahun.

Kegiatan Dembul ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai November 2019, bertempat di Subak Margaya, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, dengan lokasi yang tersebar di beberapa munduk/sub bagian dari Subak (kelompoktani). Hal ini dimaksudkan agar diketahui keragaman hasil dari masing – masing varietas dengan lokasi yang berbeda – beda. Luas kajian Dembul 20 ha dengan jumlah petani pelaksana sebanyak 65 orang.

Jumlah dan jenis pupuk yang diberikan disesuaikan dengan rekomendasi Kota Denpasar yaitu Pupuk Urea 200 Kg/Ha, Pupuk Ponska 200 Kg/ha yang diaplikasikan sebanyak 3 (tiga) kali sesuai dengan prinsip budidaya tanaman padi sawah.  Adapun masing – masing pupuk memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda – beda untuk setiap fase pertumbuhan tanaman. Pupuk Urea akan berpengaruh terhadap fase vegetatif tanaman padi sawah. Namun pemberian yang berlebihan akan mengakibatkan lemahnya batang tanaman yang dapat menyebabkan rebahnya tanaman. Pupuk Ponska terutama berpengaruh pada fase generatif sebab berfungsi memperkuat batang tanaman, proses pengisian bulir dan peningkatan kualitas gabah menjadi lebih bernas.

Dari hasil kajian demontrasi benih unggul tersebut diketahui bahwa dari ketiga varietas yang diujikan memiliki produktivitas yang cukup tinggi antara 96,55 kw/ha GKP sampai dengan 131,89kw/ha GKP. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga varietas yang diujicobakan tersebut layak untuk pergiliran varietas sebagai upaya menggantikan varietas yang telah umum dibudidayakan oleh petani. Dari hasil pengamatan lapangan, ketiga varietas tersebut terbukti cukup tahan terhadap beberapa serangan hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman padi sawah petani.

 

Berdasarkan testimoni dari petani yang telah melaksanakan Dembul, diketahui bahwa ketiga varietas, Inpari 43, Cibogo, dan Tropiko, memiliki tekstur yang pulen dan tidak cepat basi, sehingga adanya anggapan yang mengatakan bahwa varitas – varietas tersebut tidak layak untuk dibudidayakan dapat terpatahkan.

Dengan adanya Kajian  Demontrasi benih unggul di Kecamatan Denpasar Barat diharapkan akan dapat mengubah cara pandang petani terhadap satu varietas yang secara terus – menerus dan fanatik ditanam oleh petani, agar produktivitas semakin meningkat, ketahanan pangan dapat terwujud, serta harapan akan tercapainya swasembada pangan akan dapat tercapai.

 

Ditulis oleh : Luh Ketut Ayu Sukarmi, SP ( PP Madya).

Diedit oleh : Marcella Wayan K.R., SP (PP Muda)

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook