Materi Penyuluhan

MEMBUAT KOMPOS DARI JERAMI

Sabtu, 09 Nov 2019
Sumber Gambar :

MEMBUAT KOMPOS DARI JERAMI

Pembuatan kompos dengan menggunakan jerami sebagai bahan baku membutuhkan dua activator berupa promi dan EM-4. Kompos yang menggunakan EM-4 sebagai bioaktivator hanya memmbutuhkan waktu 24 jam untuk pengomposan, sehingga kompos ini disebut dengan bokashi express. Pada saat pengomposan, tidak hanya EM-4 yang digunakan sebagai bioaktivator, bokashi siap pakai juga digunakan sebagai bahan campuran.

Jumlah persentase bokashi siap pakai yang dapat digunakan adalah 10 % dari keseluruhan bahan jerami. Bokashi siap pakai ini mudah dijumpai di pasaran, seperti took –toko pertanian atau took tanaman hias.

Bahan :

  • Jerami kering/sekam/serbuk gergaji : 20 Kg
  • Bokashi siap pakai : 2 Kg
  • Dedak : 2 Kg
  • Gula merah : 5 sdm
  • Bioaktivator EM-4 : 200 ml (20 sdm)
  • Air secukupnya

Peralatan :

  • Terpal atau karung goni sebagai penutup
  • Ember atau karung sebagai wadah
  • Thermometer untuk mengukur suhu

Cara pembuatan :

  1. Jerami/sekam/serbuk gergaji dipotong dengan ukuran 5-10 cm
  2. Campurkan potongan bahan tersebut dengan bokashi siap pakai dan dedak, kemudian aduk sampai rata
  3. Campurkan larutan EM-4, gula dan air, kemudian aduk sampai rata
  4. Siramkan larutan pada tahap 3 ke dalam bahan yang dicampur. Lakukan pencampuran secara perlahandan merata sampai kandungan air mencapai 30%-40%. Kemudian uji kandungan airnya dengan menggenggam bahan, jika tidak ada air yang menetes dan bahan menjadi mekar ketika genggaman dilepaskan, maka kandungan airnya sudah mencapai 30%-40%
  1. Letakan bahan yang telah dicampur di tempat kering atau ditempatkan pada ember, karung atau lantai. Jika ditempatkan pada lantai, tumpuk bahan dengan teratur setinggi 15-20 cm hingga 1,5 m.
  2. Gunakan karung atau terpal untuk menutup tumpukan tersebut
  3. Atur suhu tumpukan sekitar 40-50 C dengan mengontrolnya setiap 5 jam sekali. Untuk menurunkan suhu, bahan komposan harus dibalik dan didiamkan beberapa saat sebelum ditutup kembali
  4. Waktu yang diperlukan untuk bokashi express sekitar 24 jam
  5. Buka penutup jika kompos sudah matang
  6. Kompos yang berwarna hitam, bertestur gembur, tidak berbau dan tidak panas adalah kompos yang sudah matang. Kompos yang matang siap digunakan sebagai pupuk.
  7. Kompos dapat disebarkan secara merata pada permukaan tanah atau disekitar tanaman, dan cocok sebagai penutup tanah pada tanaman sayur dan buah.

 

Materi Cyber,  8 Nopember 2019

Penulis M. Ali Nurdin.

 

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook