Diseminasi Teknologi

mengenal varietas unggul kacang hijau vima 4 dan vima 5, berumur genjah dan potensi hasil tinggi

Selasa, 15 Okt 2019
Sumber Gambar : balitkabi.litbang.pertanian.go.id

      kacang hijau merupakan komoditas kacang-kacangan terpenting setelah kedelai dan kacang tanah, yang digemari mayoritas masyarakat indonesia karena rasanya enak dan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. selain mengandung protein, kacang hijau juga merupakan sumber mineral (kalsium dan fosfor) serta mengandung vitamin b1, vitamain a dan c.  dengan nilai gizi yang cukup tinggi, tidak mengherankan permintaan kacang hijau cukup tinggi, selain digunakan untuk bahan kue juga banyak digunakan dalam bentuk kecambah yang biasa dikenal dengan tauge.

         kacang hijau dapat ditanam di lahan kering maupun lahan sawah, dimana biasanya pada lahan sawah kacang hijau ditanam setelah padi. kacang hijau cukup toleran dengan kekeringan, namun demikian perubahan iklim global yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan terjadinya penurunan produksi kacang hijau.       pada tahun 2018, produksi kacang hijau sebesar 231.718 ton menurun dari tahun 2017 yang mencapai 241.334 ton. salah satu usaha untuk meningkatkan produksi adalah penggunaan varietas unggul. varietas unggul merupakan komponen utama dalam meningkatkan produksi dan produktivitas per satuan luas yang murah, mudah diadopsi oleh pengguna dan ramah lingkungan. varietas unggul memiliki potensi hasil yang tinggi, tahan terhadap hama penyakit utama dan tahan cekaman biotik dan abiotic serta sesuai dengan selera konsumen.

         sampai saat ini, badan litbang sudah cukup banyak mengeluarkan varietas unggul kacang hijau sehingga memungkinkan petani untuk dapat memilih varietas unggul yang cocok untuk dikembangkan di daerahnya yang sesuai dengan permintaan pasar. pada tahun 2018, badan litbang pertanian melalui balai penelitian tanaman aneka kacang dan umbi (balitkabi) kembali melepas varietas unggul kacang hijau vima 4 dan vima 5 setelah terakhir melepas vima 3 pada tahun 2014. vima 4 dan vima 5 mempunyai kelebihan dibandingkan dengan varietas-varietas terdahulu.

vima 4.  varietas kacang hijau ini memiliki potensi hasil 2,32 t/ha dengan rata-rata hasil 1,91 t/ha biji kering yang lebih tinggi  dari potensi hasil varietas sebelumnya vima 3 (2,1 t/ha). selain itu vima 4 memiliki umur genjah 56 hari, masak serempak, polong tidak mudah pecah, warna polong muda hijau dan polong tua hitam, warna biji hijau mengkilap dengan ukuran biji besar (6,62 g/100 butir). varietas ini agak tahan terhadap embun tepung, bercak daun dan hama trips. dari hasil uji adaptasi, vima 4 beradaptasi sangat baik terutama pada daerah optimal.

vima 5. varietas kacang hijau ini memiliki potensi hasil  2,34 t/ha dengan rata-rata hasil 1,84 t/ha biji kering yang lebih tinggi  dari potensi hasil varietas sebelumnya vima 3 (2,1 t/ha).  vima 5 memiliki umur genjah 56 hari, masak serempak, polong tidak mudah pecah, warna polong muda hijau dan polong tua coklat, warna biji hijau kusam dengan ukuran biji (6,57 g/100 butir). berbeda dengan varietas unggul kacang hijau lainnya yang biasanya memiliki warna hipokotil hijau, tapi vima 5 memiliki warna hipokotil ungu. varietas ini agak tahan terhadap embun tepung, bercak daun dan hama trips serta memiliki daya adaptasi baik pada daerah sub optimal. keunggulan lain dari varietas vima 5 adalah sesuai untuk dibuat kecambah, karena dari 1 kg biji mampu menghasilkan kecambah sebanyak 5.,16 kg.

jika dilihat keunggulan yang dimiliki oleh vima 4 dan vima 5, yang memiliki umur genjah, potensi hasil tinggi serta umur masak yang serempak diharapkan kedua varietas ini akan mudah diadopsi dan berkembang terutama pada wilayah yang memiliki keterbatasan tenaga kerja.

penyusun : ir. sari nurita, penyuluh bptp kalimantan barat

 

sumber :

anonim, 2017. karakteristik varietas unggul kacang hijau. http://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/2888/

 

anonim, 2018. vima 4 dan 5, varietas unggul kacang hijau tahan hama untuk kecambah. http://www.agronet.co.id/detail/indeks/berita/2118-vima-4-dan-5-varietas-unggul-kacang-hijau-tahan-hama-untuk-kecambah

 

iswanto, r., 2017. vima 4 dan vima 5 : vub kacang hijau umur genjah, hasil tinggi, toleran hama thrips dan penyakit tular tanah. https://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/infotek/vima-4-dan-vima-5-vub-kacang-hijau-umur-genjah-hasil-tinggi-toleran-hama-thrips-dan-penyakit-tular-tanah/

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook