Materi Penyuluhan

optimalisasi pekarangan dengan kebun sayur sehat

Jum'at, 11 Okt 2019
Sumber Gambar : internet

pemenuhan kebutuhan pangan yang murah dan sehat terutama bahan pangan sayuran saat ini sangat dibutuhkan oleh semua skala rumah tangga baik di desa maupun di kota. pekarangan rumah merupakan lahan kosong yang ada disekitar rumah umumnya kurang dioptimalkan dalam pemanfaatannya, sehingga terdapat peluang besar untuk memanfaatkan pekarangan tersebut ditanami komoditas hortikultura yang hasilnya dapat dikonsumsi sendiri.  menanam kebutuhan pangan sendiri menjadi solusi saat ini, dengan pemanfaatan berbagai teknologi berbasis organik di lahan sempit  pekarangan serta prinsip penerapan rotasi tanaman (menanam sayuran di tempat yang sama dari tahun ke tahun secara bergantian) perlu diterapkan karena akan membantu mengurangi masalah hama dan penyakit dan menghindari menipisnya tanah dari nutrisi tertentu . pemanfaatan pekarangan lahan sempit untuk pengembangan komoditas hortikultura dapat dikelola dengan menerapkan berbagai teknologi  yang sederhana, efektif dan efisien. berikut macam-macam teknologi pengelolaan pekarangan yang dapat dicoba sebagai alternatif pemanfaatan lahan pekarangan baik di pedeaan maupun di perkotaan.

kebun sayur vertikal. kebun sayur vertikal adalah kebun yang alternatif  ditanam dengan cara memanjang keatas pada bangunan yang banyak tinggi-tinggi maka dengan menanam kebun sayur secara vertikal dapat lakukan. biasanya kebun vertikal dilakukan pada tanaman hias, tetapi jenis kebun ini bisa diterapkan pada tanaman sayur. beberapa tanaman sayur yang bisa anda coba untuk menanam secara vertikal adalah  cabai, tomat, caisim, sawi, pakchoi, terong, bawang dan selada. alat dan bahan yang perlu di persiapkan dalam cara membuat kebun sayur sederhana di pekarangan rumah pada kebun sayur vertikal adalah : tanah, kompos, botol plastik (mineral, susu dan lainnya), bibit tanaman, pisau, kawat, paku, palu. tahapan, cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah adalah sebagai berikut : a) siapkan alat dan bahan untuk membuat kebun sayur sederhana di pekarangan rumah dengan cara kebun sayur vertikal; b)buat lubang pada bagian samping botol plastik menggunakan botol dan pada sisi lainnya buat lubang kecil untuk ventilasi tanaman; c) satukan botol plastik dengan botol lainnya menggunakan kawat; d) pastikan saat  menggabungkannya tidak terlalu banyak sehingga kondisi tempat untuk menanam tidak berat; e) selanjutnya gantung kebun sayur vertikal apada dinding menggunakan paku; f) kemudian disaat bersamaan membuat campuran media tanam yaitu tanah dan kompos 1:1; ) lalu tanam bibit sayur sesuai keinginan. pastikan menanamnya dengan tegak dan tidak terlalu rapat supaya tanamannya bisa tumbuh besar dengan mudah. g) siram kebun sayur vertikal mini ketika kondisi media tanam kering

kebun sayur di atap. banyaknya rumah yang tidak memiliki tanah sepetak untuk menanam,namun hal ini bisa disiasati membuat kebun sayur di atap rumah. jika  ingin membuat kebun sayur di atap, hal yang perlu diperhatikan adalah tempat aliran air masuk dan keluar, seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan tanaman dan jenis tanaman apa yang sekiranya cocok untuk ditanam di atap. jenis tanaman yang cocok untuk kebun sayur di atap adalah tomat cabai, daun mint, kacang-kacangan, selada, bayam dan lainnya. alat dan bahan, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kebun sayur di atap ini menggunakan metode wadah, pot dan bak. alat dan bahan yang diperlukan antara lain : pot, kayu, paku, palu, tanah, kompos, papan pelindung anti air, kain filter, insulasi (penyekat), dan alas. tahapan, cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah: a) cara 1 (pot): siapkan alat dan bahan untuk membuat kebun sayur di atap, buat campuran media tanam tanah : kompos (1:1), masukkan dalam pot dan tanam bibit sayuran yang akan digunakan, dan siram bibit sayuran setiap media tanam kering; dan b) cara 2 (bak) : cara ini jika ingin membuat bak sendiri menggunakan kayu persegi, kemudian sebelum memasukkan media tanam bisa buat lapisan penyusun terlebih dahulu yaitu alas, insulasi, kain filter, media tanam dan yang terakhir tanaman setelah itu masukkan media tanam tanah : kompos (1:1) selanjutnya masukkan bibit sayuran pada media tanam yang sudah dibuat dan siram bibit sayuran setiap media tanam kering.

kebun sayur hidroponik. kebun sayur hidroponik adalah jenis kebun yang menjadikan air sebagai media tanam tanaman tersebut. pada kebun sayur hidroponik, perlu mengatur kapan aliran air untuk setiap tanaman, kondisi tempat tanam harus steril, besarnya listrik yang digunakan dan berapa persen sinar matahari yang harus diterima oleh tanaman.cara menanam kebun sayur hidroponik ini sangat menguntungkan karena hasil panen hidroponik menghasilkan sayuran yang segar dan bisa anda petik langsung sendiri. beberapa jenis tanaman sayur yang bisa ditanam menggunakan kebun sayur hidroponik adalah selada, kangkung, bayam, lettuce romaine dan sawi. alat dan bahan, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kebun sayur hidroponik adalah : bibit tanaman hidroponik, rockwool, botol plastik 1 liter, pisau, dan air secukupnya. tahapan, tahapan membuat kebun sayur hidroponik sebagai berikut : a) siapkan alat dan bahan untuk membuat kebun sayur hidroponik; b) bersihkan botol plastik 1 liter, lalu belah menjadi 2 bagian menggunakan pisau; c) lubangi bagian belahan botol plastik yang ada bibit mulut botol sebagai ventilasi untuk tanaman secukupnya; d) tempatkan belahan yang ada bibir mulut botol terbalik dan tempatkan pada belahan yang satunya; e) masukkan bibit tanaman hidroponik sembari menempatkan rockwool; f) beri air bagian botol plastik bagian bawah secukupnya; dan g) simpan di dekat jendela atau ruangan yang mendapatkan sinar matahari. (lilik winarti, penyuluh pertanian pusat)

sumber : internet

(https://ilmubudidaya.com/cara-membuat-kebun-sayur-di-pekarangan-rumah)

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook