Gerbang Daerah
JAWA BARAT > KABUPATEN INDRAMAYU > BALONGAN

Hasil Panen Melimpah, Petani Desa Majakerta Kabupaten Indramayu Mengadakan Pesta Rakyat Pertunjukan Sandiwara

Jum'at, 20 Sep 2019
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

INDRAMAYU — Setelah musim panen pada bulan Agustus-September berakhir, sejumlah petani dan warga desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu berbondong-bondong memadati sebuah pertunjukan Sandiwara di tengah sawah. Pertunjukan sandiwara yang sangat meriah ini diadakan oleh para petani di desa Majakerta yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bunga Nirwana yang mengayomi beberapa Kelompok Tani di desa Majakerta.

Menurut ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bunga Nirwana, Wiyanto mengatakan bahwa kegiatan pertunjukan sandiwara yang diadakan ditengah sawah ini sebagai wujud syukur atas hasil panen yang melimpah di desa Majakerta dengan tingkat produksi padi rata-rata sebesar 7 ton/ha , selain itu pertunjukan sandiwara ini juga diadakan sebagai Pesta Rakyat dan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi seluruh warga desa Majakerta.

“Pertunjukan Sandiwara ini kami adakan sebagai bentuk syukur kami para petani atas hasil panen yang melimpah di desa Majakerta ini, acara ini juga sebagai Pesta Rakyat dan ajang bagi warga desa untuk berkumpul dan bersilaturahmi bagi warga desa Majakerta agar tetap terjalin hubungan yang baik antar warga.” ujar Wiyanto, Kamis (19/9).

Keberhasilan panen yang melimpah ini tidak terlepas dari peran serta yang sangat besar dari jajaran pemerintah desa Majakerta yang dikomandoi oleh Bapak Kuwu Suradi, selaku Kepala Desa Majakerta. Keberhasilan di bidang pertanian itu faktor utamanya adalah masalah pengairan, atas kerja sama Aparatur dari tingkat Desa Majakerta sampai tingkat Kecamatan Balongan saling berkoordinasi dengan adanya gilir giring air supaya bisa mengairi sawah secara maksimal agar para petani bisa melakukan budidaya dengan adanya air yg melimpah, sehingga menghasilkan panen yang melimpah juga.

Selain itu, Wiyanto juga mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap Kuwu Majakerta Bapak Suradi, dan semua jajaran Pemerintah Desa Majakerta, serta semua pihak yang telah membantu para petani untuk melakukan budidaya pertanian, karena dengan kerja keras dan upaya dari Kuwu dan juga Pemerintah Desa Majakerta dalam mengupayakan air, mengatur sistem pertanian, dan juga ikut mensukseskan panen yang melimpah ini, maka kesejahteraan petani Majakerta menjadi meningkat. 

“Selain itu, kami para petani mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terutama Kuwu Majakerta Bapak Suradi, dan jajaran seluruh Pemerintah Desa Majakerta yang telah membantu para petani untuk dapat melaksanakan budidaya pertanian dengan baik, karena dengan kerja keras dan upaya dari Kuwu dan juga Pemerintah Desa Majakerta dalam mengupayakan air, mengatur sistem pertanian, dan juga ikut mensukseskan panen yang melimpah ini, maka kesejahteraan petani Majakerta menjadi meningkat. Selain itu kami juga berterimakasih para Penyuluh Pertanian Kecamatan Balongan yang telah membantu dan bekerjasama dengan petani dalam bidang teknologi budidaya, serta mendampingi petani dalam proses berlangsungnya budidaya pertanian di desa Majakerta.” terang Wiyanto.

Dalam kesempatan ini, hadir juga Kuwu Majakerta dan perangkat Pemerintah Desa lainya, serta para Penyuluh Pertanian Kecamatan Balongan. Suradi selaku Kuwu Majakerta dan Kus Hendarti selaku Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Balongan sangat menyambut baik akan adanya kegiatan Pesta Rakyat yang diadakan oleh para petani desa ini.

“Kami para Penyuluh Pertanian Kecamatan Balongan sangat bersyukur atas hasil panen petani yang melimpah pada musim ini, selain itu juga kami sangat menyambut baik kegiatan Pesta Rakyat yang telah diadakan oleh para petani dan juga sangat berterimakasih kepada Gapoktan Bunga Nirwana yang telah mengundang kami pada kesempatan ini. Semoga ini bisa menjadi berkah bagi para petani, dan juga semoga hasil tani bisa terus melimpah di musim-musim selanjutnya”, jelas Kus Hendarti.

Terakhir, Wiyanto mewakili para petani desa Majakerta mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga berharap agar keberkahan ini diberikan lagi di musim panen berikutnya.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan telah kepada kami. Semoga Pesta Rakyat ini membawa keberkahan, kegembiraan, dan juga membawa semangat baru untuk para petani dalam mempersiapkan kegiatan budidaya pertanian musim selanjutnya”, pungkasnya.

 

(Narendra Gilang Prananda - Balai Penyuluhan Pertanian Balongan)

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook