Materi Lokalita
RIAU > KABUPATEN INDRAGIRI HULU > LUBUK BATU JAYA

Manfaat Pemberian Mulsa Pada Bedeng Tanaman

Kamis, 12 Sep 2019
Sumber Gambar : heri wahyudi

MANFAAT PEMBERIAN MULSA PADA BEDENG TANAMAN

 

Mulsa  digunakan untuk menutupi lahahn tanaman budidaya untuk mencegah prtumbuhan gulma,menjaga kelembapan tanah,menjaga struktur  tanah,mencegah erosi permukaan tanah,serta meminimalisir hama dan penyakit tanaman

Jenis jenis mulsa terbagi dua

1.mulsa organik

2.mulsa anorganik

Mulsa organik adalah mulsa yang terbuat dari sisa sisa tanaman seprti jerami,ranting ,rerumputan,daun daun dan juga batang tanaman

Mulsa anorganik adalah mulsa yang terbuat dari bahan bahan kimia dan lainya yang juga berfungsi sebagai penutup tanaman

 

 

 

 

 

Beberapa manfaat penggunaan mulsa antara lain

1.Produksi lebih tinggi, peningkatan suhu tanah akan memacu pertumbuhan tanaman serta mempercepat masa panen.

2.Mengurangi evaporasi, dengan tertutupnya tanah dengan mulsa plastik kehilangan air akibat evaporasi akan berkurang, selain itu pada penggunaan irigasi tetes pada lahan dengan mulsa plastik akan menjaga kelembaban tanah serta meningkatkan kebutuhan air bagi tanaman. Penggunaan air lebih efisien karena dapat mengurangi penggunaan air sampai dengan 45% dibandingkan dengan irigasi penyemprotan.

3.Penanganan gulma lebih rendah, mulsa plastik hitam dan hitam perak akan mengurangi intensitas cahaya ke permukaan tanah sehingga gulma cenderung tidak tumbuh. Namun pada penggunaan mulsa bening masih dibutuhkan penyemprotan herbisida untuk mencegah tumbuhnya gulma.

4.Mengurangi kehilangan hara dari pupuk, aliran air permukaan akan tertahan oleh mulsa plastik sehingga unsur hara pupuk tidak akan hilang oleh pencucian. Penggunaan mulsa plastik akan menjaga nutrisi bagi tanaman berada pada zona perakaran, sehingga penggunaan nutrisi lebih efisien.

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook