Gerbang Daerah
SULAWESI TENGAH > KABUPATEN BUOL >

Kejar Target Produksi Distan-KP Kabupaten Buol Gandeng BPTP Sulteng

Kamis, 12 Sep 2019
Sumber Gambar : Bidang PSP

[Distan-KP] Dalam rangka mengejar target produksi beberapa komoditas unggulan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol terus memacu upayanya dengan menggandeng salah satu unit kerja Badan Litbang Kementan yaitu BPTP Sulteng melalui kerjasama alih teknologi dan peningkatan kapasitas SDM.

Kerjasama yang dilakukan keduanya meliputi pengembangan teknologi penyediaan dan pengolahan pakan ternak untuk mendukung program pengembangan peternakan berbasis komunitas (P3K), pendampingan dalam pelaksanaan bimbingan teknologi, diseminasi hasil riset dan pengkajian serta pendampingan pelaksanaan kaji terap teknologi spesifik lokasi terhadap beberapa komoditas unggulan bagi PPL, pendampingan alih teknologi perbenihan khususnya padi dan jagung bagi PPL serta PMSB serta kegiatan lainnya dilingkup pertanian sesuai kebutuhan yang disepakati.

Dalam paparannya pada penadatanganan kerjasama yang dilaksanakan pada Senin, 2 September 2019 silam, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol Ir. H. Usman, M.Si menjelaskan bahwa target produksi beberapa komoditas unggulan yang menjadi prioritas yaitu 50 ribu ton beras, 100 ribu ton jagung, dan penambahan populasi 50 ribu ekor sapi yang ditargetkan akan dicapai sampai Tahun 2022 mendatang.

Untuk mencapai target tersebut masih menurut Usman pihaknya membutuhkan kerjasama berbagai pihak diantaranya BPTP Sulteng yang nantinya akan mengawal melalaui berbagai kegiatan dalam rangka mendorong percepatan pencapaian target tersebut, jelasnya.

Selain melakukan penandatanganan kerjasama, Kepala BPTP Sulteng Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt., MP bersama jajarannya melakukan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi di Kabupaten Buol diantaranya kawasan pengembangan agribisnis peternakan _(Mini Ranch)_ Tiloan, Balai Agribisnis Momunu, dan Balai Benih Rante Marannu. Dari beberapa lokasi dan komoditas yang sedang dikembangkan tersebut akan diarahkan sebagai pusat pengembangan yang menjadi lokus dan fokus kerjasama melalui pendampingan langsung pihak BPTP nantinya.

 

(Bidang PSP DistanKP)

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook