Gerbang Daerah
JAWA BARAT > KABUPATEN INDRAMAYU > GANTAR

Musim Kemarau Petani Kedelai Desa Sanca Kecamatan Gantar Tetap Panen

Kamis, 12 Sep 2019
Sumber Gambar : doc.pribadi

Musim kemarau tidak menjadikan alasan untuk mengurangi produktivitas dalam pertanian. Desa Sanca, Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu justru memanfaatkan musim kemarau ini untuk memproduksi Kedelai untuk dijadikan benih pada lahan seluas 9 Ha  yang difasilitasi oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP ) Jawa Barat, dengan varietas kedelai yang ditanam adalah Dega I dan Anjas asmoro.

Kegiatan Panen Kedelai ini sekaligus dilaksanakan dengan kegiatan Hari Temu Lapangan Petani (Farmer’s Field Day) sebagai salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antara para petani, peneliti dan penyuluh untuk saling tukar menukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan diharapkan adanya umpan balik dari petani.

Kegiatan ini dapat dilaksanakan pada saat panen dan atau pada tahapan proses budidaya untuk menyampaikan pesan terkait dengan penerapan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan produksi dan produktivitas  pada komoditas kedelai  sesuai dengan program pembangunan pertanian yang digulirkan pemerintah.

Kegiatan temu lapang petani dilaksanakan di Kelompok Tani Bantar Jaya Desa Sanca Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu, pada hari Kamis tanggal 12 September 2019 di lahan kedelai milik kelompok ,  dengan tema peran perbenihan kedelai dalam upaya peningkatan produktivitas melalui kemandirian benih berbasis kelompok.

kegiatan FFD ( Temu Lapang Petani ) diawali dengan panen bersama yang  dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Indramayu yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan, Ir Ahmad Yani, camat Gantar yang diwakili oleh Semat Gantar Drs. Edi Wahyono, Kepala BPTP Jabar yang diwakili oleh Kasie KSPP Didit Rahadian dan Koordinator BPP Kecamatan Gantar Dedi Setiadi, S.PKP.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan Ir. Ahmad Yani menyampaikan,  melalui kegiatan  Farm Field Day (FFD) kedelai di Desa Sanca  ini merupakan bagian dari contoh dari upaya petani setempat untuk tetap produktif di musim kemarau. “Ini adalah contoh pembudidayaan lahan dengan menanam kedelai yang relatif tahan terhadap kekeringan. Sehingga tanah yang kekurangan air tidak dibiarkan menganggur,” ungkapnya, Kamis (12/9) di lahan kedelai  Desa Sanca.

Kegiatan panen bersama ini juga diharapkan bisa menularkan semangat bagi para petani atau Gapoktan lainnya di Indramayu untuk tetap mempersiapkan lahannya menjelang musim kemarau, dan tetap menanam di musim kemarau. Misalnya menanam jagung, kedelai, cabai, dan sayuran lain yang akrab dengan kemarau.

Pemkab Indramayu juga selalu mensupport kebutuhan-kebutuhan di bidang pertanian baik Alsintan (Alat Mesin Pertanian), ataupun Sarana baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun kabupaten. Diharapkan akan semakin mempercepat produktifitas dan kesejahteraan petani.

Ketua pelaksana kegiatan , yati menuturkan keunggulan dari varietas Dega 1. varietas ini dipanen diumur yang pendek, tidak membutuhkan banyak air dan produktivitas tinggi dengan potensi 3,82 ton/Ha

"kami dari pihak Kecamatan berharap banyak  varietas  kedelai ini dapat menjadi solusi dimusim kemarau dan menghasilkan pendapatan bagi petani"

 "Tjasma sebagai ketua Kelompok Tani Bantar Jaya mengungkapkan bahwa ini semua berkat peran BPTP Jabar, Penyuluh yang telah membina sehingga kegiatan ini dapat dikatakan cukup berhasil. kegiatan ini sudah berjalan 4 tahun lanjut Tjasma.

keberhasilan Tyasma ini ditandai dengan telah melaksanakan penjualan hasil ke Binjai dan Papua ujar Tjasma dengan bangga.

 

 Dedi Setiadi, S.PKP (BPP Gantar)

Penyuluh Pertanian Madya

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook