Diseminasi Teknologi

PEMBUATAN BUBUR KALIFORNIA DAN APLIKASINYA UNTUK PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN JERUK

Jum'at, 30 Agu 2019
Sumber Gambar : Dokumentasi BPTP Bengkulu

Serangan Organisme Pengganggu tanaman (OPT) merupakan salah satu faktor pembatas untuk meningkatkan produksi pertanian, termasuk tanaman jeruk. Selama ini untuk megendalikan OPT seringkali digunakan pestisida kimia dengan dosis yang berlebih. Padahal akumulasi senyawa-senyawa kimia berbahaya dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu alternatif pengendalian OPT yang aman bagi produsen/petani dan konsumen serta menguntungkan petani adalah dengan menggunakan pestisida generik bubur kalifornia.

Bubur kalifornia atau bubur belerang adalah pestisida yang dapat dibuat sendiri  dengan menggunakan bahan baku yang mudah didapat dan merupakan pestisida alternatif yang dapat digunakan untuk mengendalikan beberapa jenis hama dan penyakit tanaman khususnya tanaman jeruk. Bubur kalifornia efektif dalam mengatasi penyakit blendok (busuk batang), jamur kerak pada batang serta untuk mengendalikan hama tungau pada tanaman jeruk.

Bahan dan alat yang diperlukan dalam membuat bubur kalifornia meliputi : 1) 1 bagian belerang; 2) 2 bagian kapur cat; 3) 10 bagian air; 4) panci/drum dan 5) kompor atau tungku. Cara membuat bubur kalifornia adalah sebagai berikut: 1) siapkan bahan-bahan (belerang ditumbuk halus, kapur dicairkan dengan air sampai jenuh kemudian ambil endapannya saja, kelebihan airnya dibuang); 2) rebus 10 bagian air hingga mendidih, kemudian masukkan 1 bagian belerang ke dalam air sedikit demi sedikit; 3) setelah belerang mendidih, kemudian masukkan endapan kapur sedikit demi sedikit ke dalam air rebusan belerang sampai mendidih; 4) apabila larutan campuran telah berubah warna menjadi kemerahan, itu menandakan bubur kalifornia telah jadi, setelah itu angkat dinginkan dan larutan sudah dapat digunakan untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman.

Aplikasi bubur kalifornia untuk pengendalian penyakit Blendok (busuk batang) jeruk dengan cara melakukan penyaputan batang yaitu memanfaatkan endapan bubur kalifornia yang berwarna kuning. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: 1) batang dan ranting jeruk dibersihkan terlebih dahulu dengan sikat plastik/ijuk; 2) larutan bubur kalifornia dilaburkan pada batang hingga ranting dengan menggunakan kuas. Pelaburan bubur ini dilakukan 3 bulan sekali pada musim hujan saja (tidak disarankan untuk melabur dimusim kemarau)

Aplikasi bubur kalifornia untuk pengendalian hama tungau dan penyakit pada daun dilakukan dengan penyemprotan pada tanaman. Penyemprotan dengan memanfaatkan cairan bubur kalifornia yang berwarna kemerahan (supernatan) dengan dosis 10-15 ml larutan supernatan/liter air. Penyemprotan dilakukan berdasarkan pengamatan hama dan penyakit tanaman dilapangan

 

(Ir. Sri Suryani M.rambe,M.Agr. BPTP Balitbangtan Bengkulu )

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook