Materi Lokalita
ACEH > KABUPATEN BIREUEN > JANGKA

Pengamtan Pertumbuhan Pada Tanaman Tomat

Jum'at, 23 Agu 2019
Sumber Gambar : Laila fitria, A.Md (penyuluh BPP Jangka)

 

Untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini mulai dari awal pembentukan kecambah hingga tanaman tomat ini berbuah maka kami melakukan berbanyakan generatif yaitu dengan menggunakan biji. Pertumbuhan tanaman tomat ini dimulai sejak biji disemaikan didalam tanah.

Berikut adalah hasil pengamatan kami mulai dari penyemaian biji tomat hingga pemetikan buah tomat

1.Minggu Pertama

Pertumbuhan pada minggu pertama sudah menunujukan banyak perkembangan. Mulai dari tumbuhnya batang, daun dan akar yaang masih kecil. Tinggi tanaman pada minggu petama sekitar 4 cm.

2. Minggu Kedua

pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sudah mulai terlihat. Arah tumbuh batang tegak lurus dan sudah mulai tumbuh daun. Duduk daun sudah mulai tersebar. Pada batang dan daun sudah mulai tampak rambut- rambut halus (trikomata).

3. Minggu Ketiga

bagian bagian batang sudah mulai tumbuh membentuk cabang – cabangnya, daun tumbuh membentuk daun majemuk yang besar. Bentuk batang bulat. Pada minggu ketiga ini panjang tanaman sudah mencapai sekitar 20 cm.

 4. Minggu Keempat 

Batang terus tumbuh memanjang keatas, begitu pula dengan cabang-cabangnya tumbuh membentuk daun yang sudah mulai membesar. Panjang tanaman sudah mencapai sekitar 45 cm.

5. Minggu Kelima

Sudah mulai muncul bunga pada batang dan setiap percabangan batang. Bunga berwarna kuning dengan calyx yang besar. Bunga termasuk bunga bisexualis.

6. Minggu Keenam 

Tanaman tomat pada minggu ini sudah mulai berbuah, tetapi masih kecil. Tanaman sudah mulai berhenti pertumbuhannya pada ketinggian sekitar 125 cm. Seiring dengan pertumbuahan buah, disekitar percabangan sudah mulai banyak tumbuh bunga.

7. Minggu ketujuh

Buah tomat mulai membesar. Buah berwarna merah muda dan sebagian buah yang masih muda berwarna hijau muda. Pertumbuhan bunga dan pertumbuhan buah terus berlangsung.

8. Minggu kedelapan

Tomat yang berwarna merah tua sudah bisa dipetik. Seiring pertumbuhan buah tomat, pertumbuhan bunga juga masih berlangsung. Pemetikan buah tomat dilakukan dalam beberapa tahapan. Bentuk buah tomat bulat, bulat lonjong, pipih dan oval. Permukaan buah tomat halusn dan mengkilap.

Buah tomat yang berwarna merah tua sudah bisa dipetik. Seiring pertumbuhan buah tomat, pertumbuhan bunga juga masih berlangsung. Pemetikan buah tomat dilakukan dalam beberapa tahapan. Bentuk buah tomat bulat, bulat lonjong, pipih dan oval. Permukaan buah tomat halusn dan mengkilap

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook