Materi Lokalita
JAWA TIMUR > KABUPATEN TRENGGALEK > TRENGGALEK

Mewujudkan Kedaulatan Pangan Tingkat Desa Melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (krpl) Di Desa Karangturi

Kamis, 15 Agu 2019
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Ketersediaan pangan sepanjang waktu merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan. Hal ini menjadi fokus pembangunan pertanian nasional. Baru-baru ini, Kementerian Pertanian menginisiasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah bahwa ketahanan pangan nasional harus dimulai dari ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Karangturi Kecamatan Munjungan dilakukan dengan pendampingan oleh penyuluh pertanian, serta dikoordinasikan bersama dengan aparat setempat. Selain pemanfaatan pekarangan, juga diarahkan untuk pemberdayaan kemampuan kelompok wanita membudayakan pola konsumsi pangan, beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), termasuk kegiatan usaha pengolahan rumah tangga untuk menyediakan pangan yang lebih beragam.

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep KRPL selama ini telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik bagi anggota kelompok wanita maupun lingkungan kawasan Khususnya Desa Karangturi. Bagi pelaku anggota kelompok wanita, kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pangan untuk dikonsumsi keluarga, penghematan pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari dan terjadinya diversifikasi konsumsi pangan pada rumah tangga anggota. Bagi lingkungan kawasan, kegiatan ini dapat membuat suasana asri dan lingkungan lebih nyaman.

 Melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini  bahwa cita-cita kedaulatan pangan tidak menjdi isapan jempol semata. Semakin banyak penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. Maka kedaulatan pangan nasional benar-benar terwujud.

Penulis : Nanang Fahruro (BPP MUNJUNGAN TRENGGALEK)

PENGUNJUNG

2973

HARI INI

2695

KEMARIN

410809

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook