Gerbang Daerah
JAWA TIMUR > KABUPATEN TRENGGALEK > TRENGGALEK

S.l. Percontohan Penerapan Inovasi Teknologi Dalam Rangka Mendukung Upsus Di Bpp Trenggalek

Kamis, 15 Agu 2019
Sumber Gambar : Dokumentasi BPP Trenggalek

Pada musim tanam MK-I Tahun 2019 ini BPP Trenggalek Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, telah melaksanakan program kegiatan berupa Sekolah Lapangan percontohan penerapan inovasi teknologi dalam rangka mendukung program Upsus yang dialokasikan di 5 (lima) desa wilayah binaan penyuluh pertanian. Desa-desa tersebut antara lain Desa Dawuhan (Poktan Sri Lestari ), Desa Sukosari (Poktan Budi Lestari) , Desa Parakan (Poktan Purwo Asri), Desa Sambirejo (Poktan Sri Rejeki ), dan Kelurahan Kelutan (Poktan Tani Subur).  Pada masing-masing desa tersebut mendapatkan demplot tanaman padi seluas 1 (satu) hektar yang pelaksanaannya diterapkan oleh kelompok tani pelaksana program.  Adapun teknologi terapan yang dilaksanakan adalah :

  1. Penerapan jarak tanam jajar legowo
  2. Aplikasi pupuk organik cair (POC)

Pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi kegiatan Pertemuan Koordinasi di tingkat Kecamatan, Rembug Desa, Pertemuan Sekolah Lapang, serta kegiatan FFD dengan melaksanakan ubinan.

Dalam pelaksanaan kegiatan demplot tersebut materi diarahkan kepada pemahaman tentang budidaya tanaman sehat (BTS). Pendekatan budidaya tanaman sehat khususnya tanaman padi meliputi penggunaan varietas unggul bermutu, pengolahan lahan secara sempurna, pengairan berselang, pemupukan berimbang, pengendalian  OPT dengan menggunakan agensia hayati.

Demikian  beberapa kegiatan yang telah di laksanakan di wilayah binaan BPP Trenggalek dalam rangka mendukung program Upsus, dengan harapan mampu memberikan percontohan kepada para pelaku utama dalam berbudidaya tanaman padi secara sehat, sehingga bisa mencapai kemandirian pangan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 

Oleh :  Ninik Suhartatik, SP

(Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Trenggalek)

PENGUNJUNG

2949

HARI INI

2695

KEMARIN

410785

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook