Materi Lokalita
JAWA TIMUR > KABUPATEN TRENGGALEK > TRENGGALEK

Kegiatan Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat Padi Di Poktan Makmur Desa Masaran Kecamatan Munjungan

Kamis, 15 Agu 2019
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Pemerintah melalui Kementrian Pertanian melaksanakan kegiatan Dem Area Budidaya Tanaman Sehat Padi yang dikelola oleh kelompok tani/gabungan kelompok tani dan didampingai oleh Penyuluh Pertanian Lapang (PPL). Kegiatan ini bertujuan memberikan contoh dan memotivasi petani untuk menerapkan budidaya tanaman sehat. Serta mengelola keberadaan OPT agar tidak menimbulkan kerugian secara ekonomis. Pada akhirnya penerapan budidya tanaman sehat dan pengendalian OPT dapat diadopsi petani dalam skala yang luas.

Kegiatan Demonstrasi Area (Dem Area) Budidaya tanaman sehat di wilayah kecamatan Munjungan berada di salah satu kelompok tani yakni, Kelompok Tani Makmur yang berlokasi di Desa Masaran. Kelompok Tani Makmur mendapat program bantuan pemerintah melalui kegiatan Dem Area Budidaya Tanaman Sehat Komoditas Padi dengan menerapkan paket teknologi perbaikan struktur dan pH tanah.

Program Budidaya Tanaman Sehat tersebut di terapkan dalam 50 ha lahan sawah, dengan padi varietas inpari 32 serta penanamannya menggunakan sistem jajar legowo. Aplikasi pemupukan sesuai dengan kebutuhan tanaman dengan menggunakan petroganik 50 ton, kapur dolomite 50 ton serta penanaman tanaman refugia guna mengendalikan polulasi OPT.

Hasilnya, sasaran dari program ini sangatlah tepat yakni meningkatnya produktivitas dengan indikasi hasil panen rata-rata 8,1 ton / 1 ha setelah didapati dari proses pengubinan. Di samping itu dengan adanya tanaman refugia dapat mengendalikan keberadaan OPT sehingga tidak menimbulkan kerugian secara siknifikan. Berdasar dari hasil panen yang sangat luar biasa ini. Kemudian harapannya, petani di wilayah kecamatan Munjungan termotivasi untuk menerapkan budidaya tanaman sehat. Dengan menerapkan Budidaya Tanaman Sehat, maka kedaulatan pangan bisa terlaksana berawal dari desa.

 

Penulis : Sri yulianik, SP

BPP KECAMATAN MUNJUNGAN TRENGGALEK

PENGUNJUNG

3037

HARI INI

2695

KEMARIN

410873

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook