Gerbang Nasional

Naik Jabatan, Penyuluh Pertanian Lakukan Uji Kompetensi Sistem CAT

Rabu, 07 Agu 2019
Sumber Gambar : dokumentasi PusluhtanRI

Yogyakarta --- Menjadi seorang penyuluh sekarang ini harus melek teknologi. Bahkan untuk naik jabatan, alih kelompok bahkan inpassing sekarang harus melalui uji kompetensi sistem CAT.

Tantangan penyuluh pertanian dalam peningkatan dan pengembangan kariernya dilalui dengan ujian, antara lain uji kompetensi kenaikan Jenjang Jabatan, Inpassing, Alih Kelompok, dan Pengangkatan Pertama Kali Dalam Jabatan Fungsional dari formasi CPNS, utamanya bagi Penyuluh Pertanian merupakan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Sebelum pelaksanaan uji kompetensi peserta diberikan pembekalan terkait dengan  mekanisme dan tata cara dalam mengoperasionalkan komputer dan pelaksanaan ujian kompetensi dengan sistem, sebagai pengawas dalam pelaksanaan ujian dengan sistem CAT oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) D.I Yogyakarta.

Pelaksanan ujian dengan sistem CAT bagi para Penyuluh Pertanian yang akan naik jenjang jabatan setingkat lebih tinggi, alih kelompok, inpassing, dan duduk pertama kali dalam jabatan fungsional penyuluh pertanian berasal dari wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DI. Jogyakarta dilaksanakan pada 6 Agustus 2019 di Kantor Regional I BKN DI. Jogyakarta.

Peserta ujian berjumlah kurang lebih 113 orang terdiri dari RIHP jabatan fungsional lingkup Kementerian Pertanian, namun khusus jabatan fungsional penyuluh pertanian sebanyak 47 orang peserta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti proses ujian. Peserta ujian tersebut sesuai usulan dari pemerintah daerah masing-masing dan telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi.

Pelaksanaan uji kompetensi sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk pertama kali dilaksanakan di Kanreg BKN Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DI. Jogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan DKI Jakarta.

Sebagai Aparatur Sipil Negara, penyuluh Pertanian diberi hak serta kewajiban secara penuh oleh pejabat yang berwenang dan agar terus ditingkatan kompetensinya baik pusat dan daerah.

Semoga Pelaksanaan Uji Kompetensi bagi RIHP lingkup Kementerian Pertanian, khususnya bagi Penyuluh Pertanian berjalan dengan baik dan lancar, sehingga karier para penyuluh pertanian terus meningkat dan berkembang. (JS)

PENGUNJUNG

3115

HARI INI

2695

KEMARIN

410951

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook