Gerbang Nasional

Kunjungi Thailand, Bonus Mentan untuk Penyuluh Pertanian dari 7 Pulau

Jum'at, 12 Apr 2019
Sumber Gambar : dokumentasi Cybex

Tujuh penyuluh pertanian mewakili tujuh pulau di Indonesia mendapat kejutan dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman berupa ´bonus´ berkunjung ke Thailand dalam waktu dekat, sebagai apresiasi Kementerian Pertanian RI atas dedikasi mereka mengawal dan mendampingi petani mendukung peningkatan produksi pangan strategis sehingga Indonesia dapat menekan impor pangan dalam empat tahun terakhir.

"Saya berikan bonus ke Thailand ini spontan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas dedikasi penyuluh pertanian mendukung petani menyediakan pangan untuk bangsa ini. Saya minta Kepala Badan SDM yang mengurus kunjungan ketujuh penyuluh ini ke Thailand," kata Mentan Amran Sulaiman di GOR Sudiang Makassar, Sulsel pada Rabu pagi [10/4].

Lazimnya kunjungan kerja di daerah, Mentan Amran Sulaiman kerap berdialog dengan penyuluh dan diakhiri pemberian bonus, dan kali ini bonusnya adalah ´kunjungan ke Thailand´ bukan sekadar berwisata melainkan field trip mengunjungi pusat inovasi dan teknologi pertanian Thailand, yang dikenal sebagai negara termaju di Asia Tenggara dalam hal teknologi pertanian.

Penyuluh yang pertama dipilih Mentan adalah Martias Suka dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Pilihan berikutnya, Harming, penyuluh wanita dari Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Kelima penyuluh lain adalah Nurisma dari Provinsi Aceh mewakili Pulau Sumatera; Krisdiyanto dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur; Matilde Aso dari Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur [NTT] mewakili Bali Nusa Tenggara [Bali Nusra]; Imam Rokhimin dari Kalimantan Utara; Kadri Hasim dari Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara mewakili Kepulauan Maluku.

"Saya memilih penyuluh berdasarkan pulau, sekaligus ingin membuktikan janji panitia akan mendatangkan perwakilan penyuluh dari 11 provinsi di tujuh pulau," kata Mentan yang hadir di GOR Sudiang didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdulah; Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Hamidin dan Kepala BPPSDM Kementan, Momon Rusmono.

Tampak hadir Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian [PSP] Sarwo Edhy, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono; Sekretaris BPPSDMP, Prihasto Setyanto; Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan] Siti Munifah; Kepala Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan] Idha Wisi Arsanti; dan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian [Puslatan] Bustanul Arifin Caya; dan Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan/Plt Kabid Program dan Kerjasama Pusluhtan, I Wayan Ediana.

Pada kegiatan bertajuk ´apresiasi dan penguatan penyuluh pertanian dan petani milenial´ di GOR Sudiang tersebut, Mentan Amran Sulaiman menyalurkan bantuan gratis langsung kepada petani antara lain bibit kakao sebanyak 40 truk, 200 ribu batang kopi, 100 ribu benih padi hibrida, 29 unit alat mesin pertanian [Alsintan], sementara warga prasejahtera akan mendapatkan bantuan gratis langsung sejumlah hewan ternak untuk mendukung pengembangan budidaya unggas. [Iwan M]

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook