Gerbang Nasional

LANGKAH MULIA BPPSDMP BAGI SANTRI TANI MILENIAL

Selasa, 26 Mar 2019
Sumber Gambar : dokumentasi pusluh

Seperti diketahui bahwa tahun 2019 adalah tahun gerakan pembangunan sumber daya manusia pertanian untuk menuju lumbung pangan dunia tahun 2045. Salah satu poin pokok dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan minat santri tani milenial untuk mengelola dan mengembangkan usaha pertanian dengan membentuk Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) guna mendukung program-program Kementerian Pertanian.

KSTM merupakan wadah pembelajaran di bidang pertanian untuk santri tani khususnya di bidang budidaya beternak ayam di Pondok Pesantren (Ponpes). Melalui KSTM diharapkan para santri tani dapat belajar budidaya ternak ayam melalui pendekatan kelompok. Adapun syarat Ponpes dapat membentuk KSTM diantaranya adalah: (1) Santri tani mempunyai minat di bidang budidaya beternak ayam; (2) Usia Santri tani berkisar diantara 15 - 39 tahun dan menguasai teknologi; dan (3) Satu KSTM mempunyai anggota 20 hingga 30 orang santri yang telah sepakat untuk mengelola usaha pertanian secara bersama.

Sedangkan syarat bagi KSTM penerima bantuan adalah: (1) KSTM pada ponpes yang memiliki lahan penempatan kandang ayam sebanyak 500 ekor dengan usia empat minggu; (2) KSTM mempunyai minat di bidang budidaya beternak ayam dan (3) Setiap ponpes maksimum mengembangkan 3 KSTM saja. Untuk verifikasi dan validasi Calon Penerima Calon Lokasi (CP CL) ditentukan oleh Tim BPPSDMP.

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan oleh CP CL KSTM apabila telah lulus verifikasi adalah mengikuti bimbingan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas santri tani yang tergabung dalam KSTM agar mengembangkan usaha agribisnis budaya beternak ayam dengan menggunakan metode bimtek On the Job Training (OJT). Bimtek dapat dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP), Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), SMKPP, Polbangtan, P4S, Ponpes dan UPT lingkup pertanian lainnya.

 

Diharapkan dengan pembentukan KSTM semakin meningkatkan minat generasi muda pada bidang pertanian, terutama dalam budidaya beternak ayam. (Nur Fajar)

 

 

PENGUNJUNG

832

HARI INI

637

KEMARIN

72952

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook