Gerbang Daerah
KALIMANTAN SELATAN > KABUPATEN TABALONG > MUARA UYA

MENGGALI POTENSI PERTANIAN DI DESA MUANG MELALUI IDENTIFIKASI POTENSI WILAYAH (IPW)

Selasa, 26 Mar 2019
Sumber Gambar : BPP Muara Uya

          Identifikasi Potensi Wilayah merupakan penggalian data potensi wilayah terkait dengan data sumberdaya didesa dan data-data pendukung yang ikut memberikan andil dalam pengelolaan usahatani. Data-data sumberdaya yang ada di desa terdiri dari sumberdaya alam, sumberdaya buatan dan sumberdaya manusia sebagai pelaku utama dalam mengelola usahatani.Sedangkan data-data pendukung pengelolaan usahatani terdiri dari data-data monografi desa, penerapan teknologi budidaya yang biasa dilakukan petani, komoditi pertanian yang dikelola petani.Dalam melakukan penggalian data potensi IPW dapat menggunakan metoda/teknik Participatory Rural Apraisal (PRA).

            Pada hari Senin, 25 Maret 2019 telah dilaksanakan kegiatan penggalian data potensi wilayah di Desa Muang Kecamatan Jaro yang difasilitasi oleh BPP Muara Uya.  Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 25 s/d 26 Maret 2019.  Peserta kegiatan iPW melibatkan anggota-anggota kelompok tani yang ada di Desa Muang Kecamatan Jaro, dengan jumlah peserta 25 orang.

Diawali dengan arahan PPL setempat yaitu bapak Asriyadi, A.Md yang memberikan arahan untuk menyampaikan semua permasalahan-permasalahan yang ada di desa tersebut.  Selanjutnya arahan Koordinator BPP Muara Uya Bapak M. Husnayani, S.Pt yang selalu memotivasi petani dalam kegiatan tersebut. Kegiatan IPW ini dipandu oleh PP Programa BPP Muara Uya, bapak Jamaluddin dan timnya yaitu Yana Mulyana, SP dan Kaspul Anwar.

Instrumen yang digunakan dalam penggalian data yaitu peta desa, diagram venn, kalender musim, alur pemasaran dan transek.  Dalam penggalaian data potensi, yang berperan aktif adalah para petani yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

       Dalam penggalian data peta desa petani diarahkan untuk menggambar peta potensi desa serta permasalahan-permasalahan apa saja yang ada di desa tersebut, baik tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan maupun perikanan. Selanjutnya dilakukan kegiatan penggalian data diagram venn yang menunjukkan hubungan serta peranan masyarakat  tani dengan lembaga-lembaga pendukungnya.

       Instrumen kalender musim juga digali dengan tujuan untuk mendapatkan potensi dan permasalahan apa saja yang sering terjadi pada musim-musim tertentu yaitu adanya serangan hama dan penyakit.  Selanjutnya instrument transek dilakukan dengan berjalan mengelilingi arah jalan kebun, peternakan, perikanan, tanaman hortikultura, dan tanaman pangan untuk menggali potensi dan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada usahataninya.

     Semua potensi dan permasalah-permasalahan direkap dan dikumpulkan untuk digunakan dalam proses selanjutnya yaitu penyusunan programa desa dan RKTP dalam kegiatan penyuluhan di Desa Muang kedepannya.

 

Penulis : BPP Muara Uya

PENGUNJUNG

2995

HARI INI

2695

KEMARIN

410831

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook