Gerbang Daerah
> >

Keren!! Panen, Olah Tanah dan Tanam dalam 1 hari di Tabalong!

Selasa, 26 Mar 2019
Sumber Gambar : dokumentasi lapangan saat kegiatan berlangsung (03/2019)

Eka Rismawina, SP*)

Hj.Zulzana Efriani, S.Pi  **)

26 Maret 2019  04:17 WITA

Kamis (21/03) lalu, Dinas Pertanian Tabalong melalui kegiatan Optimalisasi Lahan Pertanian (Brigade Tanam) dan Percepatan Tanam Padi Sawah di Tabalong pada MT (musim tanam) MK (Musim Kemarau) 2019 ini, telah berhasil melakukan terobosan yang belum pernah terfikirkan oleh petani setempat sebelumnya. Kegiatan Panen, Pengolahan Tanah dan Tanam melalui mekanisasi pertanian dilaksanakan dalam tempo waktu satu hari! Lokasi pelaksanaan kegiatan ini tepatnya dilaksanakan di Kelompoktani Hakun Maju, Desa Bahungin Kecamatan Kelua, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Yang tidak kalah istimewa, pertanaman yang dipanen ini juga merupakan bagian dari lokasi IP-300 (2018) yang diinisiasi oleh PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya) desa setempat, Aspi.  Dari kegiatan ubinan yang dilakukan oleh Tim BPP Kelua diperoleh satu titik ubinan (2,5m x 2,5m) seberat sekitar 6,1 kg. Nilai ini setara dengan nilai produktivitas sebesar  9,76 ton/ha GKP (Gabah Kering Panen). M. Asni Kepala UPT Balai Alsin Dinas Pertanian Tabalong menyebutkan "Terdapat 3 varian alsin yang disupport pada kegiatan tersebut yakni Mini Combine Harvester, Hand Tractor dan Rice Transplanter. Ketiga alat ini sengaja didemonstrasikan sebagai bentuk promosi kepada kelompoktani di Tabalong" ujarnya melalui laman akun facebook Nanang Asni (22 Mar 2019) miliknya.

Pelaksanaan kegiatan ini diprakarsai secara langsung oleh Johan Noor Effendi, Kepala Dinas Pertanian Tabalong. Ia juga merupakan salah satu Pimpinan yang selalu menekankan kepada PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) yang berada dibawah arahannya agar selalu berinovasi untuk kemajuan Kelompoktani dan Pertanian Tabalong. Demonstrasi panen-olah tanah-tanam dalam satu hari diharapkan memberikan inspirasi kepada petani setempat, sekitarnya dan dimanapun yang mengetahui even ini agar semakin giat berusahatani. Betapa tidak? sebab segala bentuk kemudahan melalui fasilitasi bantuan benih dan alsintan serta bantuan program Pertanian lainnnya telah dan akan terus dilakukan oleh Dinas Pertanian Tabalong untuk Kelompoktani Tabalong (wppl).

*) Penulis adalah Administrator Cyber Extention Kabupaten Tabalong dan PP Programer pada BPP Tanjung, Dinas Pertanian Tabalong

**) Reviewer adalah  Kepala Seksi Metode dan Informasi Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tabalong

PENGUNJUNG

3129

HARI INI

2695

KEMARIN

410965

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook