Materi Lokalita
JAWA BARAT > KABUPATEN SUKABUMI >

TAHAPAN JAGUNG UNTUK DIJADIKAN BENIH

Senin, 25 Mar 2019
Sumber Gambar :

TAHAPAN JAGUNG UNTUK DIJADIKAN BENIH

  1. Panen satu bulan setelah tahap panen jagung untuk dimakan.Ketika memanen jagung untuk dijadikan benih, jagung biasanya siap dipanen empat hingga enam minggu setelah Anda memanennya untuk dimakan.
  • Kelobot akan sudah berwarna cokelat, kering, dang etas saat Anda memanen jagung. Namun pohonnya belum cokelat semua warnanya.
  1. Putar atau patahkan jagung dari pohonnya.Seperti jagung yang dipanen untuk dimakan atau untuk dijadikan berondong jagung, proses memetik jagung dari pohon cukup sederhana. Genggam pohon dengan satu tangan sementara putar buah hingga putus dengan tangan lainnya. Anda harus bisa memetik dengan mudah dengan cara membengkokkan pohon ke bawah dan memutar buahnya ke kiri dan ke kanan.
  1. Keringkan seperlunya.Kupas kelobot agar bulir terbuka. Simpan jagung di tempat yang dingin dan kering hingga bulir kering sempurna.
  • Masukkan jagung dalam kantong jaring dan gantung di tempat yang kering dan sejuk selama satu atau dua bulan. Periksa jagung secara teratur selama proses dimulai dari minggu ketiga. Setelah Anda periksa pertama kali, periksa jagung sekali atau dua kali seminggu hingga siap.
  • Anda bisa periksa jagung dengan memutar beberapa bulir. Masukkan bulir jagung di dalam wadah atau kantong plastik kecil dan tutup atau segel. Letakkan wadah dalam kulkas dan awasi selama sehari atau dua hari, perhatikan apakah terjadi kondensasi atau pengembunan. Bila kondensasi terjadi, jagung belum cukup kering. Bila tidak, bulir sudah kering dan siap untuk dicabut dari bonggolnya..
  1. Cabut bulir jagung. Saat jagung sudah cukup kering, genggam buah jagung dengan dua tangan dan putar dengan erat dan hati-hati. Bulir jagung akan lepas tanpa terlalu banyak usaha.
    • Rambut yang masih tersisa harus dibuang sebelum bulir dimasukkan ke dalam wadap.
    • Bersihkan bulir jagung dengan membilasnya. Letakkan di atas kasa dengan lubang 1,25 cm, yang diletakkan di atas kasa dengan lubang 0,625 cm.Setelah dibilas keringkan jagung dengan sempurna.
  1. Simpan Benih Dalam Wadah Kering.Letakkan bulir jagung kering dalam wadah kedap udara. Segel dan simpan dalam tempat yang kering, gelap dan sejuk hingga Anda siap menanamnya.
  • Bila disimpan dengan kondisi yang benar, benih jagung bisa digunakan selama lima hingga sepuluh tahun.

 

PENGUNJUNG

816

HARI INI

637

KEMARIN

72936

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook