Gerbang Daerah
SULAWESI TENGAH > KABUPATEN BUOL >

KPPP Lakukan Pengawasan Lapangan Peredaran Pupuk Bersubsidi dan Pestisida

Minggu, 03 Feb 2019
Sumber Gambar : Dok. Pengawasan Pupuk dan Pestisida

[Distan-KP] Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) sebagai salah satu lembaga pengawasan terhadap peredaran pupuk dan pestisida adalah merupakan wadah koordinasi pengawasan antar instansi terkait dibidang pupuk dan pestisida baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota. Peran KPPP dalam melakukan pengawasan adalah untuk menjamin pupuk dan pestisida yang beredar lebih terjamin ketersediaan dan kualitasnya sehingga tidak merugikan pengguna dan kelestarian lingkungan serta mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional.

KPPP Kabupaten Buol baru-baru ini melaksanakan pengawasan lapangan terhadap peredaran pupuk dan pestisida khususnya pupuk bersubsidi dan pestisida ilegal. Kegiatan yang berlangsung selama beberapa hari ini mengunjungi beberapa pengecer yang menjual pupuk dan pestisida yang tersebar diseluruh Kecamatan se Kabupaten Buol.?

Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alat mesin Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol Bustamin, SP yang turut mendampingi tim, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan KPPP ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memastikan bahwa pupuk dan pestisida yang beredar di Kabupaten Buol benar-benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku khususnya pupuk bersubsidi yang rentan disalahgunakan pemanfaatannya tidak sesuai dengan ketentuan sehingga masuk kategori barang dalam pengawasan.

Tindak lanjut hasil temuan dari pengawasan lapangan ini masih menurut Bustamin akan menjadi bahan rekomendasi Tim KPPP kepada pihak-pihak terkait untuk dilaksanakan dalam rangka efektifitas peredaran dan penggunaan pupuk dan pestisida sebagaimana yang diharapkan oleh Pemerintah serta sebagai acuan bagi penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

?

Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan

Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook