Gerbang Daerah
> >

Ajang Widya Wisata Penyuluh Pertanian Di Adonara

Kamis, 12 Mei 2022
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Inisiatif untuk merencanakan dan melaksanakan wydiawisata muncul dari koordinator penyuluh pertanian kecamatan Adonara timur dan kecamatan ile boleng, kemudian didukung oleh Koordinator penyuluh pertanian kecamatan kelubagolit, kecamatan witihama dan kecamatan Adonara tengah. Kegiatan ini pun memperoleh dukungan juga dari sejumlah penyuluh pertanian sedataran pulau adonara yang dibuktikan dengan kehadiran dilokasi  Widya wisata. 

Moment Widya wisata juga menjadi moment silahturahmi bagi para penyuluh pertanian untuk saling bertukar pikiran terkait informasi dan teknologi pertanian. Adapun lokasi Widya wisata persisnya di lokasi kebun Kelompok tani Forum Gelakat Tani Desa Lewokelebg Kecamatan Ile Boleng. Poktan Forum Gelakat Tani dikomandani oleh Ama Petrus Ola Sabon, yang semulanya berjumlah 12 orang yang dbentuk pada tahun 2016, dengan fokus pada usahatani hortikultura aneka sayuran. Dukungan modal awal untuk investasi senilai 120 juta dengan membiayai sumur bor dan instalasi pengadaan benih dan sarana lainnya.   Dalam perjalanan usahatani ini pun berkembang, jumlah anggota pun bertambah menjadi 30 orang dengan luas lahan 5 Ha. 

Aneka sayuran yang dikembangkan adalah Tomat, Kangkung, Sawi, Cabe, dan Terong. Sesuai penjelasan Ama Petrus Ola selaku ketua Poktan, bahwa selain swadaya, dukungan pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Flores timur pun terus mengalir. Sentuhan bantuan berupa sumur bor juga bertambah hingga kini menjadi 6 unit yang sedang mengalir. Bahkan kegiatan optimasi lahan komuditi bawang merah dari dinas pun dikelolah oleh Poktan forum gelekat tani. 

Manfaat sumur bor ini untuk mengairi aneka sayuran dengan teknologi sprinkel. Keuntungan demi keuntungan pun mulai dinikmati oleh anggota Poktan dari hasil panen pungkas Ama petrus. Sistem pemasaran sayur pun pengepul mendatangii lokasi kebun untuk membeli langsung dikebun.

Selain berkunjung dilokasi Poktan Forum Gelekat Tani, kunjungan titik kedua di kebun bapak Lorens dosi tentang pola integrasi ternak ayam Kube dan tanaman horti buah-buahan. Tentu model usahatani ini menjadi pembelajaran bagi para penyuluh pertanian dan petani dampingan untuk dapat di adopsi. 

Penulis : Bebe Riantobi

PENGUNJUNG

3566

HARI INI

62573

KEMARIN

50458791

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook