Materi Penyuluhan

GETAH PEPAYA SEBAGAI OBAT CACING KAMBING / DOMBA

Rabu, 11 Mei 2022
Sumber Gambar : GOOGLE

Sebagai obat cacing pada ternak kambing/domba, getah pepaya yang berasal dari tanaman papaya sangat mudah didapat,, harganya murah, mudah cara pemrosesan, maupun cara pemberiannyamemanfaatkan sumberdaya alam (SDA) disekitar kita serta tidak mempunyai efek samping

Kambing/domba merupakan ternak yang mudah dibudidayakan, karena memiliki sifat toleransi yang tinggi terhadap bermacam-macam pakan hijauan serta mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai lingkungan. Pengembangan kambing/domba harus mempunyai prospek yang baik karena disamping untuk memenuhi kebutuhan daging di dalam negeri, kambing/domba juga mempunyai peluang sebagai komoditas ekspor.

Adapun penyakit yang paling banyak dijumpai pada ternak kambing/domba adalah penyakit  karena infeksi cacing nematoda. Kerugian ekonomi karena infeksi cacing pada ternak kambing/domba karena dapat  menimbulkan kematian, menghambat pertumbuhan, menghambat pertambahan berat badan dan juga dapat menimbulkan gangguan reproduksi. Pengendalian penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit cacing  saluran pencernaan dapat dilakukan dengan pemberian obat cacing. Dalam hal ini, pengendalian dapat pula dilakukan dengan cara memperbaiki manajemen pemeliharaan.  Adapun caara pengendalian yang terbaik dan berhasil guna adalah kombinasi kedua cara pengendalian tersebut.     

Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi infeksi cacing/nematoda, bisa digunakan getah pepaya sebagai bahan obat cacing ternak kambing/domba yang mempunyai nilai ekonomis, efektif dan dapat menekan jumlah telur cacing pada ternak kambing/domba, sehingga dapat menjaga kesehatan ternak dari serangan cacing. Beberapa alasan dipilihnya getah pepaya sebagai obat cacing pada ternak kambing/domba adalah harganya murah, mudah didapat, mudah cara pemrosesan, mudah cara pemberiannya dan memanfaatkan sumberdaya alam (SDA) yang tidak mempunyai efek samping. Bahkan secara keseluruhan bagian-bagian pohon pepaya baik, batang, daun, bunga, buah dan bagian lainnya bermanfaat bagi manusia.

Untuk mendapat getah pepaya, dapat diperoleh  dari hampir seluruh bagian-bagian pohon pepaya. Namun yang paling banyak dan paling baik mutunya dari buah pepaya yang masih muda. Sedangkan untuk mendapat getah pepaya yang baik yaitu getah pepaya disadap dari buah pepaya muda yang masih tergantung di pohon.   

Proses pembuatan getah pepaya sebagai obat cacing ternak kambing/domba, sebagai berikut :

1) Penyadapan dilakukan pada pagi hari antara pukul.06.00 – 08.00;

2) Buah pepaya dituris dengan pisau secara membujur sedalam 1 – 5 mm dengan jarak antar turisan 1- 2 cm;

3) Penyadapan dapat diulang setiap 4 hari pada buah yang sama;

4) Dari 100 ml getah pepaya ditambah 2 tetes larutan natrium busulfit 30 % untuk mencegah terjadinya oksidasi;

5) Getah pepaya kemudian dikeringkan dalam oven bertemperatur 30 – 60°C;

6) Getah pepaya yang telah kering dihaluskan hingga menjadi serbuk, selanjutnya siap diberikan atau dapat digunakan sebagai obat cacing pada ternak kambing/domba.

Pelaksanaan pembinaan peternak kambing / domba, pemberian obat cacing pada ternak kambing/domba perlu mempertimbangkan beberapa hal, yaitu antara lain :

1). Perkiraan banyaknya populasi cacing dalam saluran pencernaan dari jumlah telur  dalam tinja,

2). Daya tahan ternak terhadap parasit, dan

3). Jenis parasit yang menginfeksi ternak. Obat cacing idealnya mempunyai daya bunuh yang besar terhadap parasit tetapi tidak membahayakan ternak yang diobati, dan obat cacing tersebut hendaknya mudah didapat serta praktis dalam pemberiannya serta ekonomis (murah).

Getah pepaya sebagai obat cacing ternak kambing/domba yaitu getah pepaya yang telah dikeringkan dan dihaluskan dapat diberikan setiap minggu sebanyak 3 kali pemberian. Serbuk getah pepaya kering dicampur dengan air, perbadingan 1 : 5 hingga terbentuk suspensi. Suspensi getah pepaya diberikan lewat mulut dengan selang plastik langsung kedalam rumen kambing/domba. Jumlah suspensi getah pepaya yang diberikan tergantung kepada berat badan (BB) kambing/domba yang diobati

Berdasarkan penelitian Balai Penelitian Tenak (Balitnak) Bogor diperoleh hasil bahwa pemberian getah pepaya 0,3   gram/kg berat badan (BB) kambing/domba dapat menekan jumlah telur cacing tiap gram tinja hingga 55,4 %, sedangkan pemberian getah pepaya 1,2 gram/kg BB kambing/domba dapat menekan jumlah telur cacing tiap gram tinja hingga 87,9 %.  

 Dari Berbagai Sumber ( Siti Hafsah Husas – PP Pusat )

  1. Brosur Teknologi Terapan Pengembangan Peternakan, Dirjen Peternakan
  2. Agricultur Product, blogspot.com

 

PENGUNJUNG

58762

HARI INI

73870

KEMARIN

50764394

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook