Diseminasi Teknologi

Jagung Hibrida Varietas JH 33 dan JH 34, Solusi Mengatasi Langkanya Pupuk Nitrogen

Senin, 09 Mei 2022
Sumber Gambar : Balit Serealia, Maros

Pada saat ini pupuk N sangat berkontribusi besar dalam peningkatan produksi jagung di dunia, hal tersebut karena tanaman jagung membutuhkan unsur hara nitrogen (N) paling tinggi hingga 50% dari kebutuhan unsur hara lainnya.  Pupuk N  merupakan pupuk anorganik yang diperlukan oleh tanaman jagung untuk mengatasi defisiensi hara Nitrogen. Kekurangan pupuk N pada tanaman jagung bisa mengakibatkan penurunan hasil jagung berkisar antara 10% - 67,13%.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitserealia) Maros,  melepas dua varietas jagung yang mampu tumbuh baik walaupun kurang pemupukan N (Nitrogen). Kedua varietas jagung hibrida tersebut adalah JH 33 dan JH 34 yang dilepas melalui sidang Pelepasan Varietas Tanaman Pangan yang diselenggarakan oleh Direktorat Perbenihan, Ditjen Tanaman Pangan pada tanggal 10 Desember 2021.

Dengan dilepasnya kedua varietas tersebut merupakan terobosan atas tuntutan petani jagung yang selama ini mengeluhkan langkanya pupuk N. Biasanya pada  musim tanam, ketersediaan pupuk urea sebagai sumber hara N sering mengalami kelangkaan dikarenakan kebutuhan bersamaan dengan tanaman pangan lainnya.  Kondisi tersebut mengakibatkan permintaan pupuk N meningkat tajam dan menjadi langka, sehingga tanaman kurang optimal dan hasil jagung yang diperoleh menjadi menurun. Namun dengan adanya varietas JH 33 dan JH 34 pupuk N yang dibutuhkan oleh petani akan berkurang dan tanaman mampu tumbuh dengan baik walaupun pemberian pupuk N kurang optimal.    

Berdasarkan hasil penelitian, untuk menghasilkan produksi jagung 9-13 t/ha, dalam pengelolaan hara N pada tanaman jagung hibrida diperlukan pemberian pupuk N sebanyak 200-250 kg/ha.

Disusun oleh              : Edwin Herdiansyah, SP

Sumber                      : Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros

PENGUNJUNG

3406

HARI INI

62573

KEMARIN

50458631

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook