Gerbang Nasional

YUK, PANDAI MENULIS DAN PUBLIKASINYA VIA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL

Selasa, 12 Apr 2022
Sumber Gambar : indozone.id

[JAKARTA] Sistem kerja Latihan dan Kunjungan serta Supervisi yang selanjutnya disebut Sistem Kerja Lakususi merupakan pendekatan yang memadukan antara pelatihan bagi penyuluh dan ditindaklanjuti dengan kunjungan berupa pendampingan kepada petani/poktan secara terjadwal dan didukung dengan supervisi teknis dari penyuluh senior.

Sistem lakususi sudah dilakukan penyuluh pertanian selama puluhan tahun dan efektif mentransfer inovasi teknologi kepada user, petani dan praktisi pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi pada arahannya di agenda kegiatan Ngobrol Asyik (Ngobras) volume 17, Selasa (12/04/2022) bertemakan Yuk, pandai menulis dan publikasinya via website dan media sosial, yang dilaksanakan di AOR BPPSDMP, Jakarta, mengatakan saat ini kita sedang melakukan transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern.

“Ciri pertanian tradisional yiatu melakukan cara-cara manual untuk mengolah tanah, masih menggunakan tenaga binatang ternak dan menghasilkan produktivitas rendah, sedangkan pertanian modern menggunakan smart farming”.jelas Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengatakan penggunaan smart farming diantaranya yaitu pemanfaatan teknologi informasi, pemanfaatan alsintan dan pemanfaatan internet optik, dengan hasil produktivitas tinggi.

Narasumber Ngobras Evrina Budiastuti, Penyuluh Pertanian dan blogger kabupaten Bogor pada materinya memaparkan tentang mengapa penyuluh pertanian harus menulis.

Menurut Evrina kewajiban penyuluh terkait penulisan diantaranya penyusunan DUPAK, pelaporan suatu program, mengembangkan profesi

“Adapun menulis untuk kepentingan petani dan masyarakat yaitu membuat materi penyuluhan, mempromosikan dunia pertanian, membantu mempromosikan produk petani, memberikan inspirasi kepada masyarakat dan ini tujuan mulia penyuluhan”. Jelas Evrina.

Selanjutnya Evrina menjelaskan bagaimana menulis materi di media sosial diantaranya facebook, instagram dan twitter.

“Untuk menulis materi di media sosial harus dapat bermain dengan visual, membuat video dan memperhatikan panjang konten”.ujar Evrina.

Elvira memberikan tips hari terbaik untuk posting di media sosial instagram yaitu senin, rabu, dan kamis. Untuk hari Sabtu, pukul 5 sore adalah waktu yang ideal untuk posting.

“Waktu terbaik posting pada instagram yaitu pada saat makan siang, pukul 11 hingga 1 siang serta usai jam kerja, yakni pukul 7 hingga 9 malam”. tutup Elvira.hvy

PENGUNJUNG

2799

HARI INI

62573

KEMARIN

50458024

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook